Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Excel dengan SmartArt

KOMPAS.com - Tiap organisasi (perusahaan, komunitas, atau yayasan) umumnya memiliki struktur jabatan secara hirarkis. Sebagaimana umum diketahui, struktur tersebut berfungsi untuk membagi peran antar anggota dan mengetahui alur kerja organisasi.

Biasanya, struktur organisasi bakal tersimpan dalam dokumen khusus atau bisa juga dipajang pada dinding ruangan kantor. Dulu, sebagian pengguna mungkin membuat struktur tersebut secara manual dengan ditulis tangan.

Kini, untuk membuat struktur organisasi, terdapat beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi pengolah angka buatan Microsoft, Microsoft Excel.

Aplikasi yang kerap disebut juga dengan Excel itu memiliki fitur penyusunan bagan secara otomatis bernama SmartArt. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat struktur jabatan dalam organisasi.

Dengan menggunakan SmartArt, pengguna bisa membuat struktur organisasi di Excel secara otomatis dengan mudah. Pengguna jadi tak perlu repot lagi untuk membuat kotak satu per satu kemudian dirangkai dalam satu bagan.

SmartArt memiliki templat khusus struktur organisasi yang bisa diedit secara personal. Lantas, bagaimana cara membuat struktur organisasi di Excel menggunakan SmartArt? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Bila telah selesai membuat struktur organisasi di Excel dengan SmartArt, jangan lupa untuk menyimpan dokumennya dengan klik opsi “Save”.

Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada desktop berbasis MacOS Mojave. Beda sistem operasi desktop yang digunakan, mungkin bakal beda pula letak opsinya. Demikianlah cara membuat struktur organisasi di Excel dengan mudah, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/16/14150017/cara-membuat-struktur-organisasi-di-microsoft-excel-dengan-smartart

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke