Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Chip Intel Disebut Bakal Naik, Laptop dan PC Jadi Semakin Mahal?

KOMPAS.com - Kondisi ekonomi global, terutama di Amerika Serikat (AS) yang tak menentu memaksa banyak perusahaan asal AS menyesuaikan kebijakan perusahaan dan operasional mereka.

Salah satunya adalah Intel yang dikabarkan bakal menaikkan harga mayoritas chip yang mereka produksi seperti prosesor (CPU), chip WiFi, hingga chip untuk perangkat lainnya.

Setidaknya begitu menurut berbagai laporan yang beredar di internet. Beragam laporan ini diklaim mengutip sumber industri yang mengetahui seluk beluk bisnis Intel.

Nah, menurut laporan-laporan tersebut, Intel disinyalir bakal menerapkan kenaikan harga chip sebesar satu digit hingga dua digit dari 10 persen ke angka maksimal 20 persen, yang kemungkinan ditentukan berdasarkan jenis chip tersebut.

Kenaikan harga ini konon sudah diinformasikan Intel kepada para pelanggannya dan bakal terjadi sekitar musim gugur (September-Desember) 2022 mendatang.

Kabarnya, alasan Intel untuk menaikkan harga chip adalah karena biaya produksi dan operasional perusahaan tersebut yang belakangan meningkat.

Selain itu, harga komponen utama untuk membuat chip yang semakin mahal, begitu juga angka inflasi dan indeks harga konsumen di AS yang semakin tinggi (9,1 persen per Juni 2022) konon turut memicu Intel untuk menerapkan kenaikan harga chip.

Belum bisa dipastikan apakah rumor ini akurat atau tidak. Apabila rumor ini benar, maka harga perangkat laptop, PC, dan perangkat lainnya yang mengandalkan chip Intel berpotensi akan semakin mahal dari biasanya.

Terkait kenaikan harga chip, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) juga sebelumnya dikabarkan bakal meningkatkan harga produksi chip di pabrik mereka sebesar 6 persen pada Januari 2023 mendatang.

Sama seperti Intel, kenaikan ini konon disebabkan oleh biaya operasional TSMC yang meningkat dan harga bahan dasar pembuatan chip yang makin mahal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari NikkeiAsia, Senin (18/7/2022).

Saat ini, pabrik TSMC dimanfaatkan oleh beragam perusahaan chip dunia macam Mediatek hingga Qualcomm. Sehingga, kenaikan harga produksi yang diterapkan TSMC, apabila benar, diprediksi bakal meningkatkan harga smartphone dunia di tahun depan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/18/07000087/harga-chip-intel-disebut-bakal-naik-laptop-dan-pc-jadi-semakin-mahal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke