BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Salin Artikel

Riset dan Pengembangan Jadi Landasan Utama Oppo dalam Lahirkan Inovasi Canggih pada Ponsel Premium

KOMPAS.com - Sejak mendarat di pasar gadget Indonesia pada 2013, Oppo menjadi salah satu merek smartphone yang unggul dalam menghadirkan inovasi. Sebab, hampir setiap produk yang diluncurkan mengadopsi teknologi dan fitur terkini.

Konsistensi Oppo selama hampir satu dekade tak lepas dari peran tim research and development (R&D) atau riset dan pengembangan. Mereka bekerja keras melahirkan inovasi teknologi kelas dunia agar mampu menghadirkan produk premium yang dapat menjawab kebutuhan pengguna.

Produk flagship Oppo Find X5 Pro 5G menjadi salah satu contohnya. Ponsel terbaru ini merupakan buah dari perjalanan riset dan pengembangan secara kontinu.

Chief Executive Officer Oppo Indonesia Jim Zhang mengatakan, Oppo telah melakukan lebih dari ratusan tes untuk memastikan kualitas dan ketahanan kelas dunia dari Oppo Find X5 Pro 5G dan berbagai keunggulannya.

“Kehadiran Oppo Find X5 Pro 5G benar-benar menetapkan standar baru di industri smartphone. Utamanya, dalam memberikan pengalaman berkomunikasi melalui berbagai fitur unggulan yang tidak ditemui di smartphone lain,” ujar Zhang saat peluncuran.

Adapun salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Oppo Find X5 Pro 5G terletak pada kualitas dan teknologi terkini yang tersemat pada bagian kamera.

Untuk diketahui, riset untuk mengembangkan kekuatan sistem kamera Oppo Find X5 Pro 5G dimulai dengan melakukan eksperimen terhadap teknologi computer vision algorithm.

Saat itu, tim R&D tengah berusaha keras untuk bisa memodernisasi teknologi dan menentukan agar kamera smartphone dapat "berpikir" di era yang serbacanggih.

Pada 2014, Oppo pun menemukan teknologi pixel binning. Lewat teknologi ini, sensor kamera smartphone dapat bekerja untuk menyatukan tiap piksel kecil menjadi satu piksel besar. Berkat itu, kualitas gambar yang dihasilkan pun jadi lebih baik.

Selain itu, teknologi pixel binning juga telah dilengkapi dengan algoritma demosaic untuk meningkatkan ketajaman foto yang diambil pada siang hari.

Tak sampai di situ, pada rentang periode 2014 hingga 2018, tim R&D Oppo juga berusaha keras untuk meningkatkan kemampuan optical image stabilization (OIS) dan fotografi komputasi. Tujuannya, agar pengguna dapat mengambil foto sebening kristal dengan mudah di malam hari.

Meski begitu, Oppo menilai kualitas teknologi tersebut masih dapat disempurnakan. Maka dari itu, pada 2019, Oppo melakukan peningkatan lebih lanjut pada OIS dengan menyematkan teknologi mutakhir, seperti algoritma AI Noise Reduction (AINR).

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (13/6/2022), algoritma tersebut mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap frame serta memroses gambar secara piksel per piksel.

Dengan demikian, Oppo Find X5 Pro 5G dapat mempertahankan detail gambar, warna kulit, serta obyek yang lebih halus dan akurat.

Tak hanya itu, AINR juga dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto (noise) hingga 20 kali lebih cepat.

Kembangkan NPU berbasis AI

Salah satu tantangan terbesar yang ditemui oleh Oppo dalam menciptkan produk dengan kamera berkualitas tinggi adalah kecepatan tangkapan dan pemrosesan data.

Untuk diketahui, teknologi kamera smartphone pada umumnya membutuhkan beberapa detik untuk bisa merekam hasil tangkapan yang dilakukan di malam hari. Untuk video, waktu yang dilakukan bisa lebih lama.

Demi mengatasi masalah tersebut, Oppo pun melakukan sebuah terobosan dengan menyematkan chipset khusus pada Oppo Find X5 Pro 5G, yakni MariSilicon X.

Chipset tersebut bertugas untuk menangani aneka pengolahan terkait artificial intelligence (AI), khususnya dalam kemampuan kamera.

MariSilicon X merupakan chipset pengembangan hasil kerja sama Oppo dengan arsitektur 6 nanometer (nm) dari TSMC. Chipset ini adalah neural processing unit (NPU) yang dikombinasikan dengan image signal processor (ISP).

Berkat keberadaan MariSilicon X, Oppo Find X5 Pro 5G punya kemampuan pemrosesan yang lebih cepat dan hemat daya.

Selain itu, MariSilicon X pada smartphone tersebut juga memiliki subsistem memori khusus dengan bandwidth sampai 8,5 gigabyte per second (Gbps). Dengan demikian, NPU ini mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS).

Keistimewaan chipset tersebut tak berhenti di situ. Berkat MariSilicon X, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghadirkan 4K Ultra Night Video yang menawarkan video cahaya rendah dengan rentang dinamis dan detail layaknya foto malam dari smartphone flagship.

Teknologi 4K Ultra Night Video sendiri adalah gabungan dari AINR dan 3D Noise Reduction (3DNR).

Sementara itu, untuk membantu pengguna menangkap dua frame sekaligus untuk pencitraan high dynamic range (HDR real-time) dan mengatasi ghosting, Oppo Find X5 Pro 5G juga dilengkapi dengan teknologi digital overlap high dynamic range (DOL-HDR).

Tak hanya itu, ada juga fitur 5-Axis optical image stabilization (OIS) yang menawarkan stabilisasi hingga tiga derajat atau tiga kali lebih besar dibandingkan teknologi OIS konvensional.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (6/6/2022), kinerja teknologi tersebut diklaim 65 persen lebih baik dalam meredam goyangan pada kondisi minim cahaya. Berkat fitur tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghasilkan video yang jauh lebih stabil, akurat, dan berkualitas tinggi.

Untuk diketahui, Oppo Find X5 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp 14,999,000. Adapun pilihan warna yang ditawarkan adalah Ceramic White dan Glaze Black.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5G, silakan kunjungi tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/18/16450067/riset-dan-pengembangan-jadi-landasan-utama-oppo-dalam-lahirkan-inovasi-canggih

Bagikan artikel ini melalui
Oke