Salin Artikel

Tak Semua iPhone 15 Punya Kamera Periskop

Menurut analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo, iPhone 15 rencananya bakal meluncur pada 2023 mendatang dengan lensa periskop yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya.

Namun, sepertinya lensa tersebut tidak akan dihadirkan ke seluruh versi iPhone 15, tetapi di varian iPhone 15 Pro Max saja. Dengan kata lain, iPhone 15 Pro diduga masih akan menggunakan lensa tele klasik.

Bagi yang belum familiar, lensa periskop di smartphone mengandalkan prisma yang memantulkan cahaya ke berbagai lensa internal, dengan sudut 90 derajat ke sensor kamera, sehingga ukuran lensa lebih panjang dibanding telephoto, membuat hasil foto zoom optik lebih baik.

Kuo mengatakan kalau lensa periskop yang digunakan secara eksklusif pada iPhone 15 Pro Max akan memiliki sensor 1/3 inci dengan resolusi 12 megapiksel, dan punya bukaan lensa f/2.8, dilengkapi fitur stabilisasi sensor dan zoom optik 6x.

Artinya, lensa tersebut dapat melakukan perbesaran sebanyak enam kali, tanpa mengurangi kualitas dari gambar yang diambil.

Jika prediksi ini akurat, ini bukan pertama kalinya Apple meningkatkan fitur khusus untuk versi “Pro”.

Strategi Apple

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (19/7/2022), Apple sepertinya berusaha mencari cara untuk meningkatkan kesenjangan antara iPhone versi “reguler” dan versi “Pro”.

Ambil contoh, rangkaian chipset yang disematkan ke iPhone 14 versi “reguler” dan iPhone versi “Pro” berbeda.

Untuk versi “reguler”, Apple menggunakan chip Apple A15 Bionic seperti pendahulunya, yakni iPhone 13. Sedangkan versi “Pro” menggunakan chip teranyar Apple, yaitu Apple A16 Bionic.

Contoh lainnya, kamera periskop di iPhone 12 Max dulu. Ponsel tersebut sempat menjadi satu-satunya perangkat yang memiliki kamera periskop dengan zoom optik 2,5x dan punya lensa kamera wide untuk jangkauan yang lebih lebar.

Kemudian, dari segi harga, iPhone versi “reguler” dan “Pro” juga memiliki perbedaan harga yang cukup jauh. Apalagi iPhone Pro Max, ponsel dengan model paling mahal di jajaran ponsel Apple.

Sebagai perbandingan iPhone 14 versi "reguler" yang diluncurkan akan berkisar sekitar Rp11,7 juta sampai 13,1 juta. Sedangkan untuk versi "Pro" dimulai dari harga Rp16,1 juta sampai 17,5 juta.

Hal ini menjadi masuk akal untuk menganggap Apple sangat "menjaga" teknologi dari versi “Pro” agar tetap eksklusif. Dalam konteks ini, Kuo justru berharap akan ada lebih banyak ponsel yang menggunakan lensa periskop di tahun-tahun mendatang.

Apabila vendor ponsel lain mampu meningkatkan permintaan dan produksi ponsel dengan kamera periskop, maka harga iPhone versi “Pro Max” lebih murah atau turun di masa mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/19/10000017/tak-semua-iphone-15-punya-kamera-periskop-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.