Salin Artikel

Canalys: Pengiriman Ponsel Dunia Anjlok, Vendor Bakal Habiskan Sisa Stok

Berdasarkan riset Canalys, jumlah pengiriman smartphone di dunia pada kuartal II-2022 turun 9 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2021 lalu.

Penyebabnya adalah jumlah permintaan yang berkurang karena ketidakpastian ekonomi di beberapa wilayah.

"Vendor terpaksa meninjau kembali strategi mereka pada kuartal II-2022 karena prospek pasar smartphone yang lebih mengkhawatirkan," kata analis Canalys, Runar Bjorhovde, dikutip KompasTekno dari halaman resmi Canalys, Rabu (20/7/2022).

Menurut Runar, hambatan ekonomi, permintaan lesu, serta stok yang masih menumpuk membuat vendor akan meninjau ulang strategi portofolio mereka untuk sisa tahun 2022 ini.

"Perangkat kelas menengah yang pasokannya masih cukup banyak adalah segmen terbuka bagi vendor untuk menyesuaikan peluncuran produk baru, karena konsumen dengan budget yang terbatas, mengalihkan minatnya ke perangkat low-end," lanjut Runan.

Vendor bakal jual sisa stok dengan promosi

Turunnya permintaan ponsel menurut analis Canalys, Toby Zhu, menyebabkan kekhawatiran besar pada rantai pasokan ponsel. Meski kendala pasokan komponen dan tekanan biaya mulai mereda, mereka mengkhawatirkan kendala logistik dan produksi.

Untuk itu, Zhu mengatakan bahwa berbagai vendor ponsel akan berupaya menjual dengan cepat stok yang tersisa dengan beragam promosi, untuk mengurangi penumpukan.

"Misalnya pengetatan undang-undang impor di beberapa pasar negara berkembang dan prosedur bea cukai yang menunda pengiriman," ujar Zhu.

"Dalam waktu dekat, vendor akan berupaya mempercepat penjualan menggunakan promosi dan penawaran sebelum peluncuran produk baru selama musik liburan untuk mengurangi tekanan likuiditas," imbuh Zhu.

5 besar vendor ponsel global kuartal II-2022

Dalam laporan yang sama, Canalys juga memaparkan 5 besar vendor ponsel terbesar pada kuartal II-2022, yaitu:

  1. Samsung - pangsa pasar 21 persen
  2. Apple - pangsa pasar 17 persen
  3. Xiaomi - pangsa pasar 14 persen
  4. Oppo - pangsa pasar 10 persen
  5. Vivo - pangsa pasar 9 persen

Menurut Canalys, Samsung mampu berada di posisi pertama pada kuartal ini karena perusahaan mampu memperkuat pasokan seri Galaxy A, khususnya untuk segmen low-end.

Sementara Apple berada pada posisi kedua dengan pangsa pasar 17 persen berkat iPhone 13 yang masih laris.

Pangsa pasar trio vendor ponsel asal China, Xiaomi, Oppo dan Vivo tercatat turun dibanding kuartal II-2021. Xiaomi turun menjadi 14 persen pada kuartal II-2022 dari 17 persen pada kuartal II-2021.

Sementara Oppo turun menjadi 10 persen dari 11 persen pada kuartal yang sama pada tahun lalu. Hal yang sama juga menerpa Vivo yang turun menjadi 9 persen dari 10 persen pada kuartal II-2021.

Sayangnya Canalys tidak memaparkan berapa jumlah pengiriman ponsel pada kuartal ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/20/16000057/canalys--pengiriman-ponsel-dunia-anjlok-vendor-bakal-habiskan-sisa-stok

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.