Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Netflix Siapkan Tarif Ekstra untuk Pelanggan yang Berbagi "Password"

Netflix saat ini tengah menguji coba menerapkan biaya tambahan untuk pengguna yang berbagi akun dan password dengan pengguna lain yang tidak satu rumah.

Kebijakan itu kabarnya sedang diuji oleh Netflix kepada para pengguna di wilayah Amerika Latin, termasuk di Argentina, El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Republik Dominika dengan metode yang agak berbeda.

Menurut laporan Bloomberg, di Argentina, pengguna harus membayar biaya tambahan 219 peso atau setara Rp 25.400. Sementara di negara lainnya, dikenai biaya tambahan 2,99 dollar AS atau setara Rp 44.700.

Pelanggan Netflix yang kebagian uji coba tersebut diberikan opsi untuk membayar biaya tambahan atau beralih ke akun berbayar baru.

Biaya tambahan tersebut berlaku bagi pelanggan yang mengakses Netflix di luar rumah atau di lokasi yang tidak terdaftar dalam paket berbagi password "family" selama lebih dari dua minggu.

Jika Netflix mendeteksi pelanggan mengakses akun dari luar rumah, melebihi tenggat waktu tersebut, mereka akan mendapat notifikasi dalam aplikasi. Notifikasi itu mengharuskan pelanggan terkait untuk membayar biaya tambahan atau mengubah akun utama.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (21/7/2022), ketentuan itu untuk saat ini berlaku untuk akun Netflix yang terpasang pada TV.

Sebab, Netflix berkata jika pelanggan tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menonton Netflix di smartphone, tablet atau komputer.

Uji coba ini dilakukan Netflix untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat dan tegas dalam menerapkan biaya tambahan ke pangguna yang berbagi password di berbagai negara sebelum diperluas ke negara lainnya.

Sebelumnya, biaya tambahan bagi pelanggan yang berbagi password juga diuji Netflix di Chili, Kosta Rika dan Peru. Namun di negara ini, Netflix memilih pendekatan lain, yaitu membebankan biaya tambahan kepada pengguna ketika menambahkan anggota baru ke akun utama.

Pelanggan Netflix berkurang 200.000

Menurut laporan keuangan Netflix kuartal-1 2022, Netflix kehilangan jumlah pelanggan hingga 200.000 dari seluruh dunia. Salah satu penyebabnya diduga adalah kebiasaan berbagi password atau kata sandi di antara pengguna.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Netflix memperkirakan ada 222 juta rumah tangga yang membayar untuk mengakses layanan video-on-demand miliknya.

Namun, di sisi lain, akses akun Netflix itu juga dibagikan kepada lebih dari 100 juta rumah tangga tambahan, melalui kebiasaan berbagi akun alias password sharing.

Hal ini menyalahi kebijakan Netflix yang memperbolehkan berbagi akun ekstra untuk keluarga, tetapi melarang praktik berbagi akun dengan cara lain.

Alhasil sejak saat itu Netflix berencana memungut biaya tambahan bagi pengguna yang sering berbagi akun di luar keluarganya untuk menonton film di Netflix.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/21/10300057/netflix-siapkan-tarif-ekstra-untuk-pelanggan-yang-berbagi-password-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke