Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sinyal 3G Telkomsel Mulai Dimatikan, Ini Cara Upgrade Kartu 4G via GraPARI Online

KOMPAS.com - Per 20 Juli 2022, operator seluler Telkomsel mulai mematikan jaringan 3G di 143 kota/kabupaten, antara lain seperti Kota Bandung, Kota Medan, Yogyakarta, Surabaya, Manokwari, dan sebagainya (daftar lengkapnya bisa dicek di tautan ini).

Setelah dimatikan, pelanggan yang berada di wilayah tersebut tak bakal bisa lagi untuk mengakses jaringan 3G Telkomsel. Dalam rangka migrasi 4G, pelanggan diimbau untuk segera upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G.

Lantas, bagaimana cara mengubah kartu Telkomsel 3G menjadi 4G? Apakah upgrade kartu 3G ke 4G harus ke GraPARI? Untuk proses ganti kartu Telkomsel, caranya bisa dilakukan melalui secara daring melalui GraPARI Online.

Lewat GraPARI Online, pelanggan tak perlu repot mengunjungi kantor GraPARI terdekat untuk ganti kartu Telkomsel. Pelanggan cukup mengisi formulir digital permohonan ganti kartu di GraPARI Online.

Selanjutnya, kartu 4G baru bakal dikirim ke alamat pelanggan yang dimasukkan di formulir tersebut. Sebelum mulai proses ganti kartu Telkomsel via GraPARI Online, terdapat beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan.

Ketentuan upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G

  • Dapat dilakukan oleh pelanggan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo
  • Syaratnya, untuk pelanggan Telkomsel Halo, billing sudah terlunasi. Untuk pelanggan Telkomsel PraBayar, tidak melewati masa berlaku atau pada masa tenggang.
  • Wajib menyiapkan Kartu Identitas (eKTP / Paspor/ Kitas/ Kitap), Kartu Keluarga, foto diri (selfie bagian wajah), foto diri memegang Kartu Identitas dan alamat e-mail. Foto diri memegang kertas bertuliskan 'Ganti Kartu' disertai tanda tangan dan tanggal pemesanan.
  • Ukuran foto yang di-upload tidak melebihi 10 MB per file atau per foto
  • Nomor Telkomsel tidak sedang terhubung dengan layanan perbankan (m-Banking).
  • Kartu 4G akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pengiriman yang telah ditentukan pelanggan.
  • Biaya pengiriman kartu ganti dikenakan pada pelanggan dan dibayar di awal.
  • Metode pembayaran dapat melalui mitra Telkomsel sesuai dengan pilihan pelanggan.
  • Kartu ganti akan dikirim oleh kurir mitra Telkomsel sesuai pilihan pelanggan, waktu pengiriman sesuai dengan layanan yang dipilih pelanggan.
  • Untuk layanan upgrade 4G, kartu pelanggan tidak dapat digunakan sementara, saat proses pergantian kartu.

Bila telah memahami ketentuan di atas, berikut adalah cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G via GraPARI Online.

Cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G via GraPARI Online

  • Kunjungi situs web ini https://www.telkomsel.com/support/grapari-online, lewat browser di ponsel
  • Kemudian, pilih menu “Ganti Kartu & Migrasi 4G”.
  • Setelah itu, masukkan nomor ponsel dan alamat e-mail aktif.
  • Selanjutnya, Telkomsel akan mengirimkan kode OTP melalui e-mail
  • Masukkan kode OTP.
  • Pilih alasan ganti kartu dan ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.

Ketika kartu telah diganti dari 3G ke 4G, pelanggan akan menerima keuntungan berupa bonus kuota 4G hingga 30 GB selama 1 bulan untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan serta penggunaan lebih dari Rp 100.000.

Ada pula kesempatan lain untuk mendapat kuota 15 GB selama 1 bulan untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 3 bulan, dengan penggunaan kurang dari Rp 100.000. Sebagai catatan, untuk mendapat bonus kuota ini, pelanggan akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.

Kemudian, program bonus kuota hingga 30 GB ini bakal berakhir pada 31 Desember 2022. Demikian penjelasan seputar cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G via GraPARI Online, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/21/14150087/sinyal-3g-telkomsel-mulai-dimatikan-ini-cara-upgrade-kartu-4g-via-grapari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke