Salin Artikel

Sinyal 3G Telkomsel Mulai Dimatikan, Ini Cara Cek GraPARI Terdekat buat Upgrade Kartu 4G

KOMPAS.com - Dalam rangka migrasi 4G, operator seluler Telkomsel mulai menonaktifkan jaringan 3G di sejumlah wilayah secara bertahap. Pada 20 Juli 2022, setidaknya terdapat 143 kota/kabupaten baru yang tidak lagi bisa mengakses jaringan 3G Telkomsel.

Beberapa kota/kabupaten yang tidak lagi bisa mengakses jaringan 3G Telkomsel per 20 Juli 2022, antara lain seperti Kota Bandung, Kota Medan, Yogyakarta, Surabaya, Manokwari, dan sebagainya (daftar lengkapnya bisa dicek di tautan ini).

Setelah jaringan 3G Telkomsel dimatikan, pelanggan yang berada di wilayah tersebut hanya bisa mengakses jaringan 4G atau 5G (bila tersedia). Ini dikarenakan infrastruktur Telkomsel bakal berfokus untuk menggelar 4G dan 5G saja.

Dengan jaringan 3G Telkomsel dimatikan, berarti pelanggan harus segera beralih atau upgrade kartu miliknya ke 4G. Lantas, bagaimana cara mengubah kartu Telkomsel 3G menjadi 4G?

Salah satu cara termudah untuk upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G adalah dengan mengunjungi langsung kantor GraPARI terdekat. Untuk melihat atau cek GraPARI terdekat, caranya bisa dilihat lewat penjelasan di bawah ini.

Cara cek GraPARI terdekat

  • Kunjungi situs web ini https://www.telkomsel.com/contact-us/my-grapari. 
  • Selanjutnya, bakal muncul peta yang memuat lokasi GraPARI.
  • Pada kolom pencarian di peta tersebut, masukkan nama wilayah domisili.
  • Selanjutnya, peta bakal menampilkan titik-titik lokasi GraPARI yang terdekat dengan wilayah domisili.

Selain lewat situs web Telkomsel, cara cek GraPARI terdekat juga bisa dilakukan via aplikasi Google Maps. Untuk cek GraPARI terdekat via Google Maps, caranya cukup buka aplikasi dan masukkan kata kunci “GraPARI”.

Setelah itu, Google Maps bakal menampilkan daftar lokasi GraPARI terdekat. Cukup mudah bukan untuk cek GraPARI terdekat? Dengan mengetahui lokasinya, upgrade kartu Telkomsel  3G ke 4G bisa segera dilakukan secara mudah.

Petugas di GraPARI bakal membantu proses pergantian kartu. Kendati mudah, namun ada beberapa syarat ganti kartu Telkomsel 3G ke 4G di GraPARI yang harus dibawa dan dipenuhi. Lantas, apa saja yang harus dibawa ke GraPARI?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah syarat ganti kartu Telkomsel 3G ke 4G di GraPARI, sebagaimana dilansir laman resmi Telkomsel.

Syarat ganti Telkomsel 3G ke 4G di GraPARI

  • Pastikan perangkat atau ponsel yang digunakan telah didukung dengan fitur konektivitas 4G.
  • Siapkan eKTP yang masih berlaku untuk warga negara Indonesia atau paspor/KITAP/KITAS untuk warga negara asing.
  • Ganti kartu dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa bermeterai Rp. 10.000 dari pemilik kartu, e-KTP asli pemberi & penerima kuasa serta kartu keluarga (KK) asli. Penerima kuasa harus terdaftar dalam satu kartu keluarga (KK).
  • Bila kartu yang hendak diganti ke 4G nomor teleponnya terdaftar di layanan perbankan (m-Banking), pelanggan perlu menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:
    • Bawa e-KTP asli
    • Bawa Kartu Keluarga asli
    • Membawa identitas lain (asli), seperti SIM/Paspor/KTA/Identitas lain yang mencantumkan nama pelanggan sebagai bukti kesesuaian dengan e-KTP pelanggan.
    • Dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa bermaterai Rp10.000 dari pemilik nomor, e-KTP asli pemberi dan penerima kuasa, kartu keluarga (KK) asli. Penerima kuasa harus terdaftar dalam satu kartu keluarga (KK).
    • Bawa kartu SIM yang akan diganti jika kondisi rusak.
    • Persiapkan juga 3 nomor yang pernah dihubungi dalam 1 bulan terakhir sebagai data validasi yang akan ditanyakan pihak GraPARI.

Untuk mendukung migrasi 4G, Telkomsel memiliki penawaran yang cukup menarik ke pelanggan. Adapun penawaran tersebut berupa bonus kuota hingga 30 GB.

Bila kartu telah diganti dari 3G ke 4G, pelanggan bisa menerima keuntungan berupa bonus kuota 4G hingga 30 GB selama 1 bulan untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan serta penggunaan lebih dari Rp 100.000.

Ada pula kesempatan lain untuk mendapat kuota 15 GB selama 1 bulan untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 3 bulan, dengan penggunaan kurang dari Rp 100.000. Sebagai catatan, untuk mendapat bonus kuota ini, pelanggan akan dikenakan biaya Rp 10.

Kemudian, program bonus kuota hingga 30 GB ini akan berakhir pada 31 Desember 2022. Demikian penjelasan seputar cara cek GraPARI terdekat dan syarat ganti kartu Telkomsel 3G ke 4G, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/21/16150087/sinyal-3g-telkomsel-mulai-dimatikan-ini-cara-cek-grapari-terdekat-buat-upgrade

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.