BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Salin Artikel

Oppo Resmi Meluncurkan A57, Smartphone Berdesain Elegan dan Performa Unggul di Kelasnya

KOMPAS.com - Oppo A57 secara resmi diluncurkan di pasar Indonesia melalui platform Oppo Brand Store (OBS) Virtual pada aplikasi TikTok, Kamis (21/6/2022). Peluncuran smartphone kelas entry level ini terbilang unik dan berbeda ketimbang seri A5 lain karena menggunakan media sosial (medsos).

TikTok sengaja dipilih Oppo sebagai media peluncuran karena sebagian besar target pasarnya merupakan pengguna medsos tersebut. Dengan begitu, Oppo bisa berinteraksi dengan target pasar sekaligus mengenalkan OBS Virtual di TikTok.

Di medsos itu, Oppo juga akan menyelenggarakan kegiatan promosi secara daring untuk mengenalkan A57, seperti live shopping di aplikasi TikTok.

Public Relation Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A menjelaskan, Oppo A57 membawa berbagai peningkatan perangkat keras dan fitur yang menjawab keinginan pengguna seri A5 sebelumnya.

“Peningkatan paling signifikan terlihat pada sisi desain. Dengan menganut gaya retro modern berbingkai datar, Oppo A57 membawa desain paling keren di kelasnya. Apalagi, ponsel ini dibekali sejumlah teknologi ‘yang pertama kali’ disematkan pada lini seri A5,” jelas Aryo saat peluncuran.

Ia menambahkan, pihaknya optimistis bahwa Oppo A57 akan mudah diterima konsumen Indonesia dan dapat mengungguli pesaing di kelas yang sama.

Desain elegan dan spesifikasi gahar untuk kelas entry level

Seperti telah disinggung, Oppo A57 mengusung desain bergaya retro modern. Kesan ini terlihat dari finishing Oppo Glow pada bodi smartphone tersebut. Finishing ini membuat bodi ponsel berkilau saat terkena cahaya, bebas noda sidik jari, serta tahan terhadap goresan.

Konsep retro modern juga tampak dari bingkai tipis 7,99 milimeter (mm). Dengan desain bingkai setipis ini pula, Oppo A57 jadi mudah digenggam.

Ponsel tersebut juga telah lolos enduring quality. Untuk diketahui, tes enduring quality mencakup enam uji utama, yakni uji jatuh, micro-drop, radiasi, tangkapan sinyal, ketahanan lingkungan, dan ketahanan cipratan air.

Untuk uji yang terakhir, Oppo A57 telah mendapatkan sertifikasi IPX4 Water Resistance. Ini berarti, ponsel tersebut terlindungi dari cipratan air normal.

Beralih ke performa, Oppo A57 merupakan lini seri A5 pertama yang menggunakan teknologi pengisian cepat 33W SUPERVOOCTM.

Dengan teknologi tersebut dan baterai berkapasitas 5.000 mAh, daya Oppo A57 dapat diisi penuh hanya dalam kurun waktu 72 menit. Bila diisi selama 10 menit, ponsel ini sudah bisa digunakan untuk streaming video di Youtube selama 2,8 jam.

Meski pengisian dayanya tergolong cepat, pengguna juga tak perlu khawatir. Sebab, Oppo A57 dilengkapi fitur Charging Heat Technology, perlindungan over-voltage, dan over-current voltage. Dengan demikian, proses isi ulang baterai pada ponsel ini terbilang aman sekalipun daya yang dialirkan besar.

Fitur pengisian daya menarik lainnya adalah Optimized Night Charging. Fitur ini dapat membantu menghitung waktu yang tepat memulai isi daya berdasarkan kebiasaan pengguna.

Selanjutnya, teknologi canggih pertama yang juga dihadirkan pada Oppo A57 adalah Ultra-Linear Stereo Speakers. Dengan output linear, perangkat akan memiliki output suara dua kali lebih besar dan maksimal hingga 85 desibel (dB).

Jika belum cukup, fitur Ultra Volume Mode akan meningkatkan keluaran suara hingga 200 persen lebih keras. Sementara itu, teknologi Dirac 3.0 mampu mengoptimalkan speaker sehingga menghasilkan suara terbaik saat mendengar musik, bermain game, dan menonton film.

Dari segi sistem operasi (OS), Oppo A57 dibekali ColorOS 12.1 berbasis Android 12. OS ini membawa fitur-fitur populer, seperti Flexdrop yang dapat mempermudah multitasking dengan memperkecil layar aplikasi dan memindahkan posisinya.

Kemudian, fitur Three-finger Translate with Google Lens yang mempermudah terjemahan bahasa melalui tangkapan layar. Ada pula fitur privasi yang akan menjaga keamanan data pengguna.

Guna mendukung ColorOS 12.1 berjalan lancar, Oppo juga menghadirkan fitur ekspansi random access memory (RAM) untuk pertama kalinya di lini A5. Dengan fitur ini, RAM Oppo A57 dapat ditambah hingga 4 GB.

Aktivasi fitur ini akan menghentikan berbagai kegiatan di latar belakang yang tidak perlu untuk meminimalkan beban sistem. Aplikasi yang jarang digunakan juga akan dikompresi untuk mengosongkan penyimpanan internal. Memori internal yang tersedia kemudian digunakan untuk membuat RAM tambahan sementara.

Dari segi penyimpanan data, Oppo menyematkan fitur optimalisasi ekspansi read only memory (ROM). Melalui fitur ini, data pada sistem aplikasi dan medsos secara otomatis tersimpan di kartu MicroSD.

Kedua fitur tersebut hanya tersedia untuk Oppo A57 yang dipasarkan di India dan Indonesia. Keduanya dihadirkan sesuai kebiasaan pengguna di dua wilayah tersebut.

Adapun Oppo A57 di pasar Indonesia tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu glowing green dan glowing black.

Tertarik membeli Oppo A57? Perangkat ini sudah didapatkan secara daring dengan harga Rp 2,399 juta melalui aplikasi Oppo Store pada smartphone Oppo, Oppo Official Store pada situs e-commerce, dan TikTok Shopping akun resmi Oppo Store Indonesia.

Selain secara daring, kamu bisa membelinya secara langsung di Oppo Store dan toko-toko smartphone resmi di Indonesia.

Untuk pembelian bundling dengan perlindungan Oppo Care, kamu akan mendapatkan cashback Rp 100.000.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/21/16540097/oppo-resmi-meluncurkan-a57-smartphone-berdesain-elegan-dan-performa-unggul-di

Bagikan artikel ini melalui
Oke