Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seperti Inikah Wujud Asli Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4?

KOMPAS.com - Samsung belum lama ini mengonfirmasi jadwal agenda Galaxy Unpacked 2022 yang rencananya akan digelar 10 Agustus mendatang. Dalam agenda ini, Samsung biasanya mengumumkan sejumlah produk baru termasuk smartphone, tabet, smartwatch dan lainnya.

Dalam Galaxy Unpacked 2022, Samsung diduga kuat akan meluncurkan smartphone lipat baru penerus Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3. Apabila masih mengikuti tradisi penamaan generasi sebelumnya, generasi anyar ponsel lipat nanti akan diberi nama Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4.

Spesifikasi dari kedua smartphone itu sudah beredar di internet. Tidak hanya bocoran spesifikasi, bocorann desain Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 juga mulai beredar di internet. Paling baru adalah render Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 yang dibagikan leaker atau pembocor ternama Evan Blass dan 91mobiles.

Namun gambar yang dibagikan leaker tersebut hanya menunjukkan tampilan depan perangkat dengan wallpaper bernuansa hitam di setiap sudutnya. Alhasil, tidak begitu banyak deatil yang bisa diketahui.

Pada gambar yang disebut sebagai Galaxy Z Fold 4, terlihat bahwa ponsel tersebut dibalut dengan tiga kelir warna, yaitu hitam, beige (putih kuam/cokelat pasit kekuningan), dan abu kehijauan. Selain itu, terlihat tombol volume dan tombol daya yang diposisikan berdampingan di sisi kanan ponsel.

Sementara pada gambar yang diduga desain dari Galaxy Z Flip 4, terlihat adanya notch atau lubang layar yang diposisikan di atas tengah layar untuk menampung kamera depan. Smartphone ini tampak dibalut dalam empat warna yang lebih "vibrant" dari seri Galaxy Z Fold, yaitu abu-abu, ungu, gold dan biru muda.

Gambar itu juga menampilkan beberapa port di sisi bawah bodi yang terdiri dari port mikrofon, port USB tipe-C, serta speaker.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Juma (22/7/2022), Evan Blass tak memberikan informasi apapun terkait gambar itu. Namun, dia mengatakan akan membagikan lebih banyak gambar Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 dari angle yang berbeda, jelang jadwal peluncuran perangkat tersebut, termasuk edisi Thom Browne dan perangkat lainnya.

Bocoran spesifikasi Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4

Galaxy Z Flip 4 kabarnya akan ditenagai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Untuk daya tahannya, smartphone lipat ini disebut akan memiliki baterai berkapasitas 3.595 mAh yang didukung fast charging 25 watt.

Galaxy Z Flip 4 disebut-sebut akan menjalankan sistem operasi Android 12 yang dilapisi antarmuka One UI 4.1.1.

Dirangkum dari Android Police, smartphone ini akan memiliki layar sekunder yang lebih luas, yaitu 2,1 inci. Ukuran ini sedikit lebih besar dibanding Galaxy Z Flip 3 yang memiliki bentang layar kedua 1,9 inci.

Rumor lainnya terkait spesifikasi Galaxy Z Flip 4 yaitu kapasitas penyimpanan internal yang akan tersedia dalam varian 512 GB, lebih besar dibanding pendahulunya.

Adapun Galaxy Z Fold 4, menurut tipster (pembocor informasi gadget) Yogesh Brars, akan memiliki layar utama AMOLED 7,6 inci dengan refresh rate 120 Hz. Adapun layar luarnya memiliki bentang AMOLED 6,2 inci.

Smartphone lipat ini disebut akan ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadu dengan RAM 12/16 GB. Adapun penyimpannya yaitu 256/512 GB.

Brars juga menyebutkan Galaxy Z Fold 4 akan didukung kamera belakang dengan konfigurasi 50 MP, ultrawide 12 MP dan 12 MP. Sementara kamera bagian dalam layar memiliki resolusi 16 MP dan kamera depan pada luar perangkat memiliki resolusi 10 MP.

Smartphone ini kabarnya mengusung baterai 4.400 mAh dan didukung pengisian ulang cepat 25 watt.

Perlu dicatat bahwa ini merupakan rumor yang beredar di internet. Kepastian spesifikasi Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 akan dijawab Samsung pada 10 Agustus mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/22/10000077/seperti-inikah-wujud-asli-samsung-galaxy-z-fold-4-dan-z-flip-4-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke