Salin Artikel

Definisi File Transfer Protocol, Fungsi, dan Manfaatnya

KOMPAS.com - Dalam dunia internet terdapat beragam istilah yang terkadang kurang dimengerti sebagian pengguna. Istilah-istilah yang dirasa asing ini tanpa sadar sering digunakan dalam menggunakan internet. Salah satunya File Transfer Protocol (FTP).

Apa itu FTP? FTP sendiri merupakan layanan internet yang digunakan untuk menghubungkan ke server internet tertentu atau komputer untuk mengirimkan file ke komputer atau biasa disebut dengan download/upload. FTP sangat umum berfungsi untuk melakukan pertukaran data.

Fungsi File Transfer Protocol (FTP)

  • Melakukan upload halaman web dalam web hosting ke internet
  • Mengirimkan file berukuran besar menjadi dua partisi
  • Menjelajah dan mengunduh file
  • Mengunduh dan melakukan upload konten

Manfaat File Transfer Protocol (FTP)

Keamanan

Pada akhirnya, manfaat terbesar menggunakan server FTP dibandingkan pilihan lain adalah tingkat keamanan yang dapat diberikan. FTPS dan SFTP, keduanya merupakan protokol transfer file yang aman (terenkripsi yang melindungi data yang dibagikan dengan lebih baik).

Ini memberi Anda jaminan tambahan bahwa file sensitif Anda tidak akan jatuh ke tangan yang salah, karena dienkripsi saat transit.

Mengirim ukuran file besar

Dengan FTP pengguna dapat menggunakan server FTP yang memungkinkan Anda mengirim gigabyte data sekaligus.

Meningkatkan efisiensi pekerjaan

Dengan FTP Anda dapat mengirim data dalam jumlah besar dalam sekejap. Anda juga dapat terus bekerja saat transfer besar sedang dilakukan atau menjadwalkan transfer besar untuk malam atau akhir pekan, sehingga alur kerja Anda tidak terganggu.

Selain itu, menggunakan server FTP memberi Anda satu lokasi untuk menyimpan semua file Anda. Ini mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan tim untuk mencari bagian data tertentu. Hal ini juga mengurangi kemungkinan file yang hilang.

Melakukan recovery otomatis

Saat terjadi gangguan, seperti koneksi internet, mati listrik, atau bahkan gangguan lain Anda tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan. Sebaliknya, data Anda secara teratur dan otomatis dicadangkan ke lokasi lain.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/23/19150007/definisi-file-transfer-protocol-fungsi-dan-manfaatnya-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.