Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gara-gara Samsung Galaxy S22 Ultra, Nasib HP Ini Bakal Berakhir?

KOMPAS.com - Galaxy S22 Ultra menjadi salah satu smartphone terlaris Samsung pada April 2022. Hal ini menunjukkan bahwa smartphone unggulan Samsung itu mampu menarik minat pengguna berkat sejumlah spesifikasinya.

Tampaknya, popularistas Galaxy S22 Ultra memengaruhi nasib ponsel Galaxy lain. Menurut laporan dari outlet media Korea Selatan, The Elec, Samsung dikabarkan batal memproduksi Galaxy S22 FE (Fan Edition).

Galaxy S22 FE merupakan versi "murah" dari Galaxy S22, sebagaimana seri Galaxy S21 FE atau S20 FE. Disebut ringan karena beberapa spesifikasinya diturunkan dari Galaxy S21 "reguler", Pro, maupun Ultra.

Biasanya spesifikasi yang diturunkan yaitu pada aspek kamera dan desain. Biasanya, model "FE" dibekali chipset yang sama dengan seri Galaxy S lainnya. Hal inilah yang kabarnya menjadi pertimbangan Samsung.

Dikarenakan krisis kelangkaan chipset masih belum teratasi sepenuhnya, Samsung lebih memprioritaskan model yang dinilai lebih "menjanjikan". Menurut The Elec, Samsung awalnya berencana menyiapkan tiga juta unit Galaxy S22 FE. Namun akhirnya alokasi chipset untuk Galaxy S22 FE dialihkan ke Galaxy S22 Ultra yang banderolnya lebih mahal dari seri Galaxy FE.

Meski demikian, keputusan ini disebut bukan akhir dari lini seri Galaxy Fan Edition, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Minggu (24/7/2022). Sebab, The Elec menilai masih ada harapan Samsung membuat Galaxy S23 FE pada tahun depan.

Generasi sebelumnya, yakni Galaxy S21 FE, juga sempat dikabarkan hampir batal diproduksi. Namun, pada akhirnya, Samsung tetap merilis Galaxy S21 FE.

Jadi salah satu smartphone terlaris April 2022

Perusahaan riset Counterpoint pada akhir April lalu merilis laporan baru bertajuk "Global Monthly Handset Sales Tracker". Laporan itu menghimpun 10 smartphone terlaris secara global pada bulan April 2022.

Menurut laporan tersebut, Apple merajai penjualan smartphone pada April 2022 berkat seri iPhone 13. Selain Apple, beberapa smartphone merek Samsung juga termasuk dalam daftar 10 smartphone terlaris. Empat smartphone Samsung yang masuk dalam daftar itu, antara lain Galaxy S22 Ultra, Galaxy A13, Galaxy A03 Core dan Galaxy A53 5G.

Ada pula ponsel bikinan Xiaomi yang masuk dalam daftar itu. Conterpoint mengatakan, 10 ponsel dalam daftar tersebut mewakili 21 persen dari total penjualan ponsel pada April 2022. Berikut rincian daftarnya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/24/19300047/gara-gara-samsung-galaxy-s22-ultra-nasib-hp-ini-bakal-berakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke