Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Ada Timnas Rusia di Game FIFA 23

KOMPAS.com - Pengembang sekaligus penerbit game olahraga Electronic Arts (EA) Sports memastikan bahwa tidak akan ada timnas dan klub sepakbola Rusia di dalam game sepakbola terbaru bikinannya, FIFA 23.

Hal tersebut dilakukan sebagai dukungan EA Sports terhadap Ukraina yang kini masih diinvasi oleh Rusia sejak Februari lalu.

"EA Sports menjunjung tinggi nilai perdamaian dan sama seperti berbagai perusahaan di dunia, kami ingin invasi Rusia terhadap Ukraina berakhir," ujar EA Sports, dikutip KompasTekno dari PCGamer, Senin (25/7/2022).

"Oleh karena itu, sejalan dengan mitra kami di organisasi FIFA dan UEFA, EA Sports tidak akan menyertakan timnas Rusia dan seluruh klub yang berasal dari negara tersebut di game FIFA 23," imbuh EA Sports.

Belum bisa dipastikan apakah EA Sports akan kembali memasukkan timnas dan klub sepakbola Rusia di FIFA 23, ketika invasi Rusia terhadap Ukraina berakhir atau tidak.

Langkah ini sebelumnya sudah dilakukan EA Sports di game FIFA 22 pada Maret lalu. Kala itu, mereka "menendang" timnas dan klub sepakbola asal Rusia dari game yang meluncur Oktober 2021 tersebut demi memberikan dukungan terhadap Ukraina.

Bedanya, langkah EA Sports yang dilakukan kali ini di FIFA 23 adalah sama sekali tidak memasukkan timnas dan klub sepakbola Rusia sejak awal peluncuran game tersebut.

Menyoal peluncuran, EA Sports mengonfirmasi bahwa FIFA 23 akan dirilis ke publik pada 30 September 2022 mendatang. Game ini akan meluncur i platform PS4, PS5, Xbox One, Xbos Series X/S, PC, dan Google Stadia.

Sebagai suksesor FIFA 22, FIFA 23 tentunya bakal dibekali dengan berbagai pembaruan. Di antaranya seperti kehadiran klub sepakbola wanita untuk pertama kalinya di game seri FIFA, mode piala dunia Qatar World Cup, hingga mode piala dunia Women's World Cup Australia dan Selandia Baru.

Kembali lagi ke dukungan terhadap Ukraina tadi, beberapa perusahaan game selain EA juga sebelumnya sudah melakukan hal serupa.

Sejumlah perusahaan tersebut mencakup Microsoft (Xbox), CD Projekt Red, Activision Blizzard, Epic Games, Take-Two Interactive, hingga Ubisoft.

Kebijakan yang dilakukan beragam perusahaan game ini bervariasi, namun secara garis besar, mereka kompak mundur dari Rusia dan tidak melibatkan negara tersebut di dalam bisnisnya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/25/19300017/tidak-ada-timnas-rusia-di-game-fifa-23

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke