Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa ke Grapari

Terhitung sejak 20 Juli 2022 lalu, setidaknya terdapat 143 kota/kabupaten baru yang tidak lagi bisa mengakses jaringan 3G Telkomsel.

Setelah jaringan 3G Telkomsel dimatikan, pelanggan yang berada di wilayah tersebut hanya bisa mengakses jaringan 4G atau 5G (bila tersedia). Ini dikarenakan infrastruktur Telkomsel bakal berfokus untuk menggelar 4G dan 5G saja.

Dengan jaringan 3G Telkomsel dimatikan, berarti pelanggan harus segera beralih atau upgrade kartu miliknya ke 4G. Lantas, bagaimana cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel?

Ada beberapa cara untuk mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel. Menariknya, pelanggan bisa mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ke Grapari. Berikut caranya.

Cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ke Grapari

Selain mendatangi GraPARI, pelanggan Telkomsel juga bisa mengubah kartu 3G ke 4G melalui tiga cara berikut ini:

Telkomsel juga memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30 GB untuk berselancar mengakses berbagai aplikasi, layanan streaming, dan penyimpanan berbasis cloud.

Melansir laman resmi Telkomsel, promo kuota 4G sebesar 15-30 GB ini akan dikenakan biaya Rp 10 saat proses migrasi kartu 3G ke 4G berhasil.

Namun, promo kuota hingga 30 GB ini hanya berlaku bagi pelanggan yang menukar ke kartu 4G dengan masa aktif kurang dari 3 bulan. Program kuota hingga 30 GB untuk migrasi kartu ini akan berlaku hingga 31 Desember 2022.

Untuk pelanggan Telkomsel yang belum melakukan upgrade kartu SIM 3G ke 4G berikut ini KompasTekno merangkum cara ganti kartu Telkomsel online dan mendapatkan kuota internet 4G hingga 30 GB, dilansir dari laman resmi Telkomsel.

Cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel lewat website

Berikut adalah cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ke Grapari, melalui website Telkomsel.

  • Masuk ke laman https://my.telkomsel.com/sim-replacement melalui browser ponsel Anda (perlu diketahui, pelanggan dapat melakukan upgrade secara online hanya melalui smartphone karena memerlukan upload dokumen berupa foto selfie)
  • Setelah itu masukkan nomor ponsel dan alamat e-mail Anda
  • Selanjutnya Telkomsel akan mengirimkan kode OTP melalui e-mail
  • Masukkan kode OTP
  • Pilih alasan ganti kartu Anda lalu klik “Pilih”
  • Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai

Ketentuan mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel secara online

  • Dapat dilakukan oleh pelanggan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo
  • Syaratnya, untuk pelanggan Telkomsel Halo, billing sudah terlunasi. Untuk pelanggan Telkomsel PraBayar, tidak melewati masa berlaku atau pada masa tenggang
  • Wajib menyiapkan Kartu Identitas (eKTP / Paspor/ Kitas/ Kitap), Kartu Keluarga, foto diri (selfie bagian wajah), foto diri memegang Kartu Identitas dan alamat e-mail. Foto diri memegang kertas bertuliskan 'Ganti Kartu' disertai tanda tangan dan tanggal pemesanan
  • Nomor Telkomsel Anda tidak memiliki layanan perbankan (tidak terhubung dengan digital banking maupun transaksi digital lainnya)
  • Kartu 4G akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pengiriman yang telah ditentukan pelanggan
  • Biaya Pengiriman kartu ganti dikenakan pada pelanggan dan dibayar di awal
  • Metode pembayaran dapat melalui mitra Telkomsel sesuai dengan pilihan pelanggan
  • Kartu ganti akan dikirim oleh kurir mitra Telkomsel sesuai pilihan pelanggan, waktu pengiriman sesuai dengan layanan yang dipilih pelanggan
  • Proses pergantian kartu memerlukan foto pengguna, maka dari itu ukuran foto yang di-upload tidak melebihi 10 MB per file atau per foto
  • Untuk layanan upgrade 4G, kartu pelanggan tidak dapat digunakan sementara, saat proses pergantian kartu

Kuota hingga 30 GB dari Telkomsel dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi maupun layanan streaming. Bonus ini berlaku 30 hari sejak kartu aktif dan pelanggan dapat menikmati kuota 1 GB per harinya.

Mengapa sinyal 3G di Indonesia dimatikan?

Salah satu alasan utama dimatikannya sinyal 3G di Indonesia adalah agar operator seluler dapat memberikan layanan broadband seluler dan digital yang lebih baik ke pelanggan, yaitu dengan menggunakan jaringan 4G LTE.

Selain itu menurut pengamat telekomunikasi Moch S. Hendrowijono, kemampuan/kapasitas sinyal 3G masih rendah, yaitu sekitaran 2 Mbps dan kecepatan maksimum hingga 14 Mbps saja.

Kemampuan itu lebih rendah dibanding 4G yang secara teknis mampu menghasilkan kecepatan unduh lebih cepat, yakni antara 10 Mbps hingga 1 Gbps.

Selain Telkomsel, operator lain yang mulai migrasi jaringan 3G ke 4G adalah XL, perusahaannya mulai mematikan 3G miliknya dan ditargetkan selesai pada akhir Maret 2022.

Pada operator jaringan Smartfren, pihaknya telah mematikan jaringan 3G sejak 2017 silam. Sedangkan Indosat Ooredoo, masih belum mengumumkan secara resmi rencana pihaknya mematikan layanan 3G secara keseluruhan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/26/07493027/cara-mengubah-kartu-3g-ke-4g-telkomsel-tanpa-ke-grapari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke