Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Sawer Kreator saat Live Streaming, Uang Puluhan Juta Rela Dihamburkan

Selama live streaming berlangsung, penonton pun terlihat ramai mendukung kreator dengan memberikan komentar, tantangan, dan saweran. Saweran yang diberikan biasanya berupa stiker berbayar, koin, atau donasi uang.

Tak tanggung-tanggung, penonton pun ada yang rela merogoh uangnya hingga puluhan juta demi menyawer kreator favoritanya. Seperti yang dilakukan warganet yang memiliki handle akun Boom Live, dengan inisial PKR, misalnya.

Nyawer hingga lebih dari Rp 10 juta

PKR menceritakan bahwa dirinya mulai rutin menonton live streaming sejak pertengahan Januari 2021. Pandemi Covid-19 yang merebak membuat dirinya berdiam di rumah dan sering menonton live streaming.

Ada beberapa platform live streaming yang biasa digunakannya, yaitu Boom Live, Kitty Live Streaming, dan Bigo.

"Konten yang ditonton biasanya yang mengobrol biasa aja. Dulu juga pernah nonton Nimo, lihat live streaming game. Nontonin pemain Mobile Legends," cerita PKR kepada KompasTekno.

Dari ketiga platform live streaming tadi, PKR mengaku paling banyak menyawer kreator konten yang live streaming di Boom Live. Saweran yang diberikan berupa koin.

PKR mengatakan, koin tersebut harus dibeli dengan uang. Dia mencontohkan, dengan melakukan top up Rp 600.000, maka dia bisa memiliki 5 juta koin. Dia juga pernah top up Rp 3 juta untuk 30 juta koin.

"Kalau total top up (untuk koin saweran), enggak tau ya. Soalnya enggak pernah dicatet," kata PKR.

"Tapi Rp 10-15 juta ada sih dalam kurun waktu 10-11 bulan nonton live streaming," pungkas dia.

Selama menonton live streaming, PKR mengaku bahwa dirinya bukan tipe orang yang bisa mengirit-irit koin agar tak diberikan ke kreator.

Dia mengaku pernah menghabiskan Rp 3 juta untuk menyawer kreator dalam waktu satu minggu. Rata-rata koin yang diberikan juga tidak menentu, sesuka hatinya saja dia berikan.

Dia mencontohkan, semisal, dirinya punya 1 juta koin, dia pernah memberikan setengahnya (500.000 koin) untuk streamer yang sawerannya "seret". Sisa setengahnya lagi bisa ia gunakan untuk menyawer kreator lainnya.

"Saya enggak bisa menyimpan koin orangnya. Pasti saya habiskan. Tangan saya gatel buat mencet-mencet (sawer) kreator," kata PKR.

Dia menceritakan, kreator yang paling sering disawer adalah "WF" (nama samaran). Kreator itu sering melakukan live streaming hanya untuk mengobrol dengan audiensnya. K

"Kayaknya, saya terbanyak nyawer ke kreator namanya "WF". Saya sawer 120 juta koin. Itu setara Rp 11 juta," kata PKR.

Dia mengaku awalnya ketagihan untuk menyawer kreator. Bila dilihat secara komersial, ParkKeeRan menyadari, bahwa sebenarnya dia tidak dapat apa-apa, malah "buang-buang duit".

"Cuma kayak ada kesenangan tersendiri gitu, kalau melihat streamer senyum dan seneng setelah dapat saweran. Itu personal buat saya ya, enggak tau orang lain," tutur PKR.

Selebihnya, menjadi penonton yang suka nyawer, kata PKR, paling hanya membuat user level semakin tinggi dan dikenal di platform streaming tersebut.

Namun, dia menceritakan masih ada orang di luar sana yang lebih "gila-gilain" mengeluarkan duit untuk menyawer kreator konten.

Yang menarik, PKR juga merasa penasaran dengan live streaming yang mendatangkan pundi-pundi rupiah ini. Jadi, selain menonton dan menyawer, dia juga sempat menjadi live streamer (orang yang melakukan live streaming).

"Penasaran aja ingin mencoba. Jadi, kalau saya bisa dapetin duit dari live streaming Boom Live, duitnya kan bisa saya buat muter (kasih saweran ke streamer lain). Jadi, saya nggak pakai duit sendiri (penghasilan di luar live streaming)," kata PKR sambil terkekeh.

Dia mengaku mendapatkan penghasilan kira-kira 10-12 juta saat live streaming dalam kurun waktu 3 bulan.

"Itu karena waktu itu ada yang bantuin," imbuh dia.

"Baru sekali (menyawer kreator). Nyawer guru matematika yang ngajar di TikTok. Namanya @aribprivate," kata Amel kepada KompasTekno.

Dia mengatakan memberikan saweran berupa stiker berbayar di TikTok. Total uang yang ia keluarkan untuk membeli stiker berbayar di TikTok juga tak lebih dari Rp 20.000 saja.

Menurut Amel, konten live streaming mengajar tanpa memungut biaya seperti yang dilakukan @aribprivate pantas mendapatkan saweran dari penonton.

Sebelum bisa menyawer kreator dengan stiker, penonton memang perlu membeli koin terlebih dahulu. Di TikTok, ada beberapa pilihan paket pembelian, di antaranya Rp 3.200 untuk 13 koin, Rp 83.000 untuk 350 koin, Rp 330.000 untuk 1.400 koin, Rp 1.649.000 untuk 7.000 koin, dan Rp 4.121.000 untuk 17.500 koin.

Tak hanya lewat stiker berbayar, pantauan KompasTekno, para content creator asal Indonesia juga disawer dengan uang donasi.

Saat live streaming di TikTok, YouTube, atau platform live streaming lainnya, kreator memang kerap kali menyantumkan link donasi melalui via situs pihak ketiga macam Saweria dan Sociabuzz.

Besaran donasi yang diberikan penonton nilainya juga beragam. Mulai dari Rp 1.000, Rp 10.000, Rp 20.000, hingga Rp 500.000 sekali nyawer. Stiker dan donasi yang didapat kreator tadi, kemudian bisa ditukar dalam bentuk tunai.

Setelah disawer, kreator biasanya menyampaikan rasa terima kasih kepada penonton yang menyawernya itu.

Ungkapan terima kasihnya beragam, seperti menyebutkan nama penyawer satu per satu, mendoakan penyawer, hingga berjoget. Nama penonton dengan saweran terbanyak juga biasanya bakal dipajang di layar selama siaran berlangsung.

Kreator juga kerap menyebut penonton setia live streaming dan pemberi saweran dengan sebutan "sultan" dan "bestie".

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/26/10010057/demi-sawer-kreator-saat-live-streaming-uang-puluhan-juta-rela-dihamburkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke