Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membersihkan Speaker iPhone dari Air dan Debu dengan Mudah

KOMPAS.com - Di iPhone, terdapat beberapa komponen yang mudah atau rawan terkena paparan air dan debu, salah satu contohnya seperti speaker. Audio yang keluar dari iPhone bakal dilewatkan lubang speaker.

Pada seri iPhone 8 dan yang lebih baru, speaker terletak di dua lokasi. Pertama, speaker atas yang terletak di sebelah kiri kamera selfie. Kemudian, terdapat pula speaker yang berada di bagian bawah bodi iPhone, sebelah kanan microphone.

Baik speaker atas maupun bawah, keduanya sama-sama memiliki lubang yang terbuka sebagai saluran output audio. Bagian lubang itulah yang bisa jadi tempat masuknya air atau debu.

Adanya air atau debu di sekitar lubang speaker, bisa mengganggu kualitas audio yang dikeluarkan. Audio mungkin dapat terdengar jadi cempreng atau lirih.

Oleh karena itu, jika terdapat air atau debu di bagian speaker maka harus dibersihkan agar tak mengganggu kualitas audio. Lantas, bagaimana cara membersihkan speaker iPhone?
Untuk membersihkan speaker iPhone, setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan.

Cara tersebut disesuaikan dengan zat yang menghalangi output audio dari speaker iPhone. Bagian speaker iPhone yang terhalangi zat berupa air atau debu, masing-masing memiliki cara membersihkan yang berbeda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan cara membersihkan speaker iPhone dari air atau debu.

Cara membersihkan speaker iPhone dari air

Untuk membersihkan speaker iPhone dari air, caranya bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga “Water Eject” yang berada di aplikasi “Pintasan” atau “Shortcut”.

Aplikasi Water Eject bekerja dengan mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi dan membuat getaran di iPhone. Getaran dan bunyi yang dihasilkan dapat mendorong ke luar air yang berada di bagian speaker.

Cara menggunakan Water Eject untuk membersihkan speaker iPhone dari air bisa dilihat melalui penjelasan di bawah ini:

Cara membersihkan speaker iPhone yang berdebu

Dikutip dari laman resmi Apple, untuk membersihkan speaker iPhone yang berdebu, caranya bisa dilihat melalui penjelasan di bawah ini:

Jika dengan dua cara di atas tetap terdapat gangguan pada speaker, silakan bawa iPhone ke tempat servis terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Demikian informasi seputar cara membersihkan speaker iPhone dari air dan debu, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/26/10150057/tips-membersihkan-speaker-iphone-dari-air-dan-debu-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke