Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Penghasilan Kreator dari Live Streaming?

KOMPAS.com - Mencari uang via live streaming bisa dibilang tengah menjadi tren di sejumlah platform media sosial di Indonesia.

Dengan sekadar memiliki kemampuan berinteraksi atau memiliki bakat tertentu seperti menyanyi, pengguna bisa mendapatkan uang apabila mereka ditonton secara langsung oleh banyak orang.

Uang yang dihasilkan pun tidak sedikit, angkanya bisa mencapai jutaan rupiah.

Setidaknya begitu menurut Natasya Adelsya, seorang kreator konten yang gemar melakukan live streaming di platform SnackVideo, YayaLive, dan beberapa platform media sosial populer lain.

Menurut Natasya, penghasilan dari kegiatan live streaming bisa berkisar Rp 3 juta per bulan, tergantung dari agensi atau pihak yang mengajaknya menjadi streamer (orang yang melakukan live streaming).

Angka tersebut belum termasuk hadiah (gift) atau "saweran" yang diberikan penonton yang terhibur kepada pembawa acara (host) yang sedang mereka tonton. Penghasilan dari saweran ini terbilang cukup menjanjikan.

"Kalau berbicara saweran terbesar, saya pernah dapat dua kali lipat dari gaji pokok di aplikasi tersebut. Sayangnya, uang dari saweran ini bersifat tidak tentu dan tidak selalu ada, sehingga saweran dari penonton tidak bisa dijadikan pendapatan tetap," kata host yang akrab disapa Nanat itu kepada KompasTekno.

Apabila menghitung dari kisaran yang diberikan Nanat, maka saweran terbesar yang dia pernah terima berkisar di angka Rp 6-9 juta dalam satu sesi live streaming.

Sama seperti Nanat, streamer lainnya yang bernama Septi juga mengaku sering mendapatkan saweran dari para penontonnya.

Kreator konten yang biasa memandu acara live streaming di platform Bigo Live dan Mico Live tersebut direkrut sebagai host live streaming oleh sebuah agensi. Dia tidak menyebutkan berapa gaji per bulan yang dia terima dari profesi host live streaming yang ditekuni.

Namun, kreator konten yang biasa disapa "Snow" itu mengaku bisa mendapatkan lebih dari Rp 6 juta hanya dari gift atau saweran yang diberikan penonton.

"Alhamdulillah setiap saya live streaming di platform manapun selalu ada yang memberikan saweran atau gift. Jika dirupiahkan, saya bisa mendapatkan Rp 6-10 juta setiap bulannya dari saweran," klaim Snow.

Sering streaming dan berinteraksi dengan penonton

Untuk mendapatkan uang dari live streaming dan memperbesar kemungkinan mendapatkan saweran, baik Nanat dan Snow kompak menyebut bahwa mereka harus giat menggelar siaran langsung di berbagai platform selama berjam-jam.

Nanat, misalnya, mengaku ia melakukan live streaming di tiga hingga empat aplikasi live streaming. Di tiap aplikasinya, ia biasanya menggelar live streaming selama kurang lebih dua jam.

Ketika menggelar live streaming dan berperan sebagai host, ia bertugas untuk menyapa dan berinteraksi dengan para penonton yang hadir, sama layaknya sebagai seorang host di suatu program atau acara fisik.

Bedanya, karena tidak ada kontak fisik, Nanat harus berusaha untuk membuat acara live streaming yang ia gelar semenarik mungkin.

"Selain berinteraksi, saya biasanya bernyanyi, menawarkan penonton untuk me-request lagu kesukaan mereka, dan terkadang suka mengabulkan challenge (tantangan) dari penonton," kata Nanat.

Sementara untuk Snow, ia mengaku kerap berinteraksi dengan penonton dan melakukan berbagai challenge dari mereka. Durasi live streaming yang digelar biasanya berkisar antara 3-5 jam setiap harinya.

"Alhamdulillah setiap saya live streaming di platform manapun selalu ada yang memberikan saweran atau gift," kata Snow.

Tips cara dapat uang dari live streaming

Nah, untuk mendapatkan uang dari live streaming, Nanat dan Snow kompak mengatakan bahwa seorang kreator konten harus kreatif dan pintar untuk berinteraksi dengan orang banyak.

"Terlebih kalau host memiliki bakat seperti menyanyi, maka itu bisa ditunjukkan ketika live streaming berlangsung demi membuat suasana dan interaksi dengan penonton lebih hidup," kata Nanat.

Seirama dengan Nanat, Snow menyebut bahwa bakat harus ditunjukkan demi membuat siaran langsung dan interaksi dengan penonton lebih cair.

"Mungkin sesekali melakukan tantangan dari penonton, atau mengikuti alur atau keinginan penonton asalkan itu positif," imbuh Snow.

Baik Nanat dan Snow sepakat bahwa mereka yang ingin mendulang pendapatan dari live streaming sebaiknya tidak memaksa alias "menodong" penonton untuk memberikan saweran ketika sedang menggelar siaran langsung.

Sebab, saweran akan datang sendirinya apabila sang host bisa membawa suasana dan dianggap menarik bagi penonton.

"Kalau audience atau viewers nyaman dan ternyata suka dengan konten live streaming si host, maka mereka pasti akan senang dan mendukung host dengan mengirim saweran atau gift," tutur Nanat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/26/13000057/berapa-penghasilan-kreator-dari-live-streaming

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke