Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Luncurkan Program Music Revenue Sharing, Cara Baru Kreator Bisa Dapat Cuan

KOMPAS.com - Facebook meluncurkan program monetisasi terbarunya, yakni "Music Revenue Sharing". Seperti namanya, program ini memungkinkan para kreator konten di Facebook mendapatkan komisi, apabila mereka menggunakan sejumlah musik populer berlisensi yang terdaftar di Facebook.

Artinya, kreator konten kini bisa memonetisasi video mereka menggunakan sejumlah musik yang telah dilisensi Facebook, tanpa harus khawatir terkena sanksi atau demonetisasi video.

Menurut Facebook, program berbagi keuntugan ini baru pertama kali hadir di industri musik. Sebelumnya, penggunaan musik berlisensi hanya menguntungkan si pembuat musik saja, selain platform yang mencantumkannya.

"Program ini memungkinkan kreator konten dan pemegang hak cipta atau pembuat musik mendapatkan uang dari video di Facebook," tulis Facebook, dikutip KompasTekno dari Facebook.com, Rabu (27/7/2022).

Nantinya, bentuk monetisasi dari program Music Revenue Sharing adalah berupa iklan yang akan dilihat pengguna yang menonton video dengan latar belakang musik yang berlisensi di Facebook.

Kreator konten video tersebut lantas akan mendapatkan porsi 20 persen dari pendapatan iklan tersebut, di mana pemegang hak cipta musik, begitu juga Facebook akan mendapatkan porsi pendapatan terpisah.

Adapun beberapa musik yang bisa dipakai kreator konten untuk monetisasi video adalah musik-musik populer yang dibawakan oleh Post Malone, Tove Lo, Grupo La Cumbia, Leah Kate, Bicep, dan masih banyak lagi.

Menurut Facebook, program Music Revenue Sharing ini sudah tersedia dan bakal digelontorkan secara bertahap ke seluruh kreator konten Facebook secara global mulai hari ini. 

Untuk mendapatkan "cuan" dari program Music Revenue Sharing, kreator konten harus memenuhi seluruh aturan yang tercantum dalam Community Standards dan Music Guidelines di Facebook.

Selain itu, kreator konten harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan Facebook, terutama terkait monetisasi konten. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

Jika telah memenuhi syarat-syarat tersebut, maka mereka bisa langsung mengunggah video yang dibekali dengan musik berlisensi melalui laman Facebook atau Creator Studio.

Penting untuk diingat pula bahwa program Music Revenue Sharing ini hanya berlaku di Facebook. Belum diketahui apakah Instagram akan mengadopsi program yang sama di untuk jenis konten video macam Reels atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/27/13010037/facebook-luncurkan-program-music-revenue-sharing-cara-baru-kreator-bisa-dapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke