Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN dengan Mudah

KOMPAS.com - Masyarakat yang terdaftar sebagai peserta program jaminan perlindungan kesehatan dari BPJS Kesehatan, bakal memiliki KIS (Kartu Indonesia Sehat) atau yang sering disebut juga dengan kartu BPJS Kesehatan.

Fungsi dari kartu BPJS Kesehatan adalah untuk penanda keabsahan status kepesertaan seseorang dalam program jaminan perlindungan kesehatan ini. Beberapa data yang termuat dalam kartu BPJS Kesehatan antara lain, seperti nama dan alamat peserta.

Kemudian, terdapat pula informasi mengenai fasilitas kesehatan (faskes) asal peserta terdaftar BPJS Kesehatan. Dalam kartu BPJS Kesehatan, juga tercantum nomor kepesertaan yang terdiri dari 13 digit angka.

Pada situasi tertentu, nomor tersebut sangat berguna untuk mengakses beberapa layanan BPJS Kesehatan. Misalnya, untuk melengkapi data diri saat mengajukan proses perpindahan kelas perawatan.

Selain itu, nomor BPJS Kesehatan juga dibutuhkan ketika peserta ingin pindah faskes. Mengingat fungsi dari kartu BPJS Kesehatan yang cukup penting, bila sampai terjadi kehilangan maka bakal merepotkan peserta.

Peserta mungkin akan kesulitan memvalidasi nomor kepesertaan dalam rangka mengakses layanan BPJS Kesehatan. Seandainya terjadi kehilangan kartu, lalu bagaimana cara mengetahui nomor BPJS Kesehatan?

Kabar baiknya, nomor BPJS Kesehatan tidak hanya tercetak di kartu fisik. Nomor tersebut sejatinya juga dapat diperoleh di kartu BPJS Kesehatan digital yang termuat dalam aplikasi Mobile JKN.

Jadi, seandainya terjadi kehilangan kartu fisik, peserta masih bisa mengakses kartu digital melalui Mobile JKN dan melihat nomor kepesertaan miliknya. Untuk cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN, caranya cukup mudah.

Namun, sebelum mulai cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN, peserta perlu memiliki aplikasi ini terlebih dahulu di ponsel. Peserta bisa mengunduh Mobile JKN di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Setelah terunduh dan terinstal di ponsel, pastikan telah memiliki akun Mobile JKN dengan mengisi nomor KTP dan membuat password. Setelah berhasil login, peserta bisa cek nomor BPJS Kesehatan dengan cara sebagai berikut.

Sementara itu, perlu diketahui, cara di atas dijajal pada ponsel dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda versi sistem operasi yang dipakai, mungkin bakal beda pula letak opsinya. Itulah penjelasan cara cek nomor BPJS Kesehatan via Mobile JKN, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/28/14150077/cara-cek-nomor-bpjs-kesehatan-via-mobile-jkn-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke