Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unboxing dan Kesan Pertama Menjajal Oppo A57

KOMPAS.com - Oppo A57 merupakan ponsel kelas menengah terbaru dari Oppo di Indonesia yang dijual dengan harga Rp 2,4 juta.

Dengan banderol tersebut, pengguna sudah bisa mendapatkan ponsel yang dibekali dengan beragam fitur serba pertama di Oppo A5 Series.

Salah satu yang bisa dibilang paling menarik adalah Oppo Glow, sebuah teknik pelapisan (finishing) cangkang ponsel ikonik Oppo yang pertama kali diperkenalkan di Oppo Reno Series.

Selain mendapatkan ponsel dengan desain yang cantik, calon pembeli Oppo A57 juga bakal mendapatkan beragam aksesori pendukung ponsel tersebut.

Salah satunya adalah "kepala" alias adapter charger SuperVOOC 33W (33 watt) yang sudah termasuk di dalam kotak penjualan Oppo A57.

Di samping adapter charger, pengguna juga bakal menemukan softcase untuk melindungi ponsel dari benturan, kabel data USB-A ke USB-C, SIM ejector untuk mengeluarkan "laci" kartu SIM, hingga buku panduan dan kartu garansi di dalam kotak penjualan Oppo A57.

Sayangnya, kotak penjualan Oppo A57 tidak menyertakan earphone yang biasa digunakan pengguna untuk mendengarkan musik. Padahal, ponsel ini masih menyertakan lubang audio jack 3,5 mm yang terletak di bagian bingkai bawah perangkat.

Menyoal bagian bawah perangkat, selain lubang tersebut, di sisi itu juga terdapat lubang mikrofon, konektor USB-C, serta lubang speaker.

Berbeda dengan hiasan di bagian bawah ponsel, bingkai bagian atas perangkat tersebut justru tidak dihiasi apapun, alias rata dengan bingkai perangkat.

Meski demikian, bingkai di bagian kiri dan kanan Oppo A57 masih dihiasi dengan beragam fungsi ponsel.

Di antaranya adalah tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari (fingerprint) di bingkai bagian kanan, serta laci kartu SIM (bisa memuat dua kartu SIM jenis nano dan satu microSD) dan tombol volume di bingkai bagian kiri.

Oppo A57 bisa dibilang merupakan ponsel yang cukup besar, terlepas dari harganya yang menyasar segmen ponsel Rp 2 jutaan. Hal ini tentunya dikontribusi oleh layar ponsel yang berukuran 6,56 inci.

Meski terkesan bongsor, ponsel ini masih nyaman untuk dipakai berlama-lama atau digenggam dan dibawa kemana-mana ke berbagai tempat.

Sebab, ponsel ini memiliki dimensi ketebalam 8 mm dan dikelilingi oleh bingkai yang rata (flat), mirip seperti "saudaranya" di seri yang berbeda, yaitu Reno7 4G.

Selain itu, punggung ponsel, seperti telah disebutkan di atas, sudah mengadopsi desain Oppo Glow yang membuat ponsel Rp 2 jutaan ini terlihat elegan.

Dengan desain tersebut, punggung ponsel, yang memiliki dua varian warna Glowing Black (hitam elegan) dan Glowing Green (hijau mengilap) akan terasa kesat dan bersih, lantaran "ramah" akan bekas sidik jari.

Terlebih, ponsel ini juga tergolong tidak berat karena memiliki bobot 187 gram, lebih ringan dibanding Oppo A76 (189 gram) atau A96 (191 gram).

Kembali lagi ke bagian depan, ketika kami membawa ponsel ke luar ruangan (outdoor) tepat di bawah sinar matahari terik, berbagai konten pada layar Oppo A57 masih bisa dilihat dengan cukup baik.

Kendati demikian, apabila konten yang ditampilkan layar berwarna gelap, seperti hitam, biru gelap, dan lain sebagainya, konten tersebut tak akan begitu terlihat jelas dan akan terkena pantulan sinar matahari. 

Pasalnya, ponsel ini hanya memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimal di angka 600 nits, serupa dengan Oppo A76, A96, dan Reno7 4G.

Spesifikasi Oppo A57

Secara spesifikasi, Oppo A57 mengusung layar IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD Plus. Pada bagian atasnya, terdapat modul bergaya ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 8MP (f/2.0).

Beralih ke bagian belakang, di sisi ini terdapat dua buah kamera dan satu LED flash yang dimuat dalam sebuah modul persegi. Kedua kamera tersebut masing-masing beresolusi 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4, mono).

Pada sektor hardware, ponsel ini ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G35 yang dipadukan dengan RAM 4 GB (LPDDR4X) dan media penyimpanan (storage) 64 GB (eMMC 5.1). Kapasitas storage ini bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Sementara pada aspek software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 12.1.

Untuk segi daya, Oppo A57 ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W (33 watt).

Dengan pengisian secepat ini, Oppo mengeklaim baterai Oppo A57 bisa terisi penuh (0-100 persen) dalam waktu 72 menit.

Fitur pendukung lainnya mencakup tingkat ketahanan terhadap cipratan air dengan rating IPX4, serta tingkat ketahanan terhadap debu dengan rating IP5X.

Nah, penasaran bagaimana tampilan ponsel ini dari berbagai sisi? Simak penampakan Oppo A57 dari berbagai sisi di galeri foto pada tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/28/19000037/unboxing-dan-kesan-pertama-menjajal-oppo-a57

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke