Salin Artikel

Larisnya Seri Galaxy Ini Bikin Samsung Makin Cuan

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan laporan keuangan trimester perusahaan untuk periode April-Juni 2022. Berdasarkan laporan tersebut, Samsung membukukan pendapatan 77,2 triliun won Korea Selatan atau setara Rp 883 triliun (kurs rupiah saat artikel ditulis).

Angka ini tercatat naik hingga 21 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (year-on-year/YoY). Divisi Mobile eXperience (MX) Samsung yang membawahi bisnis smartohone, turut berkontribusi atas peningkatan pendapatan perusahaan.

Bahkan, separuh dari peningkatan penjualan Samsung pada trimester ini, didongkrak oleh divisi tersebut karena Galaxy S22 series yang laris manis dibanding pendahulunya.

"Kendala pasokan pada kuartal pertama, secara umum mampu diatasi pada kuartal kedua dan Samsung mampu menjaga petumbuhan pendapatan YoY berkat penjualan model flagship yang solid seperti Galaxy S22 series dan Galaxy Tab S8 series," kata Samsung dikutip KompasTekno dari Samsung Newsroom, Jumat (29/7/2022).

Galaxy S22 series sendiri merupakan flagship terbaru Samsung yang diluncurkan pada awal Februari lalu. Adapun Galaxy Tab S8 merupakan tablet high-end yang diluncurkan bersamaan dengan Galaxy S22 series.

Terkait penjualan pada periode selanjutnya, Samsung menaksir performanya masih sama seperti periode tahun sebelumnya, atau setidaknya naik satu digit. Sebab, menurut Samsung kondisi pasar masih terkendala masalah geopolitik yang berkepanjangan, serta ekonomi makro yang belum stabil.

Untuk menyiasatinya, Samsung berencana meluncurkan smartphone lipat baru guna mendongkrak penjualan produk flagship perusahaan.

"Perusahaan bertujuan memperluas penjualan produk flagship dengan meluncurkan model lipat baru yang menawarkan pengalaman yang lebih baik melalui kolaborasi dengan mitra global," kata Samsung.

Laris manisnya Galaxy S22 Ultra 5G 

Samsung tak merinci jumlah penjualan Galaxy S22 series. Namun tampaknya sambutan pasar untuk smartphone tersebut sangat positif. Buktinya, Samsung S22 Ultra 5G menjadi salah satu smartphone terlaris di dunia, berdasarkan riset Counterpoint.

Conterpoint mengatakan, 10 ponsel dalam daftar, mewakili 21 persen dari total penjualan ponsel pada April 2022. Daftar itu mencakup ponsel keluaran Apple, Samsung dan Xiaomi.

Galaxy S22 Ultra sendiri menjadi ponsel paling laris dari Samsung dan menempati posisi kelima setelah iPhone 12. Berikut rinciannya:

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/29/12300037/larisnya-seri-galaxy-ini-bikin-samsung-makin-cuan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.