Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP saat Daftar Prakerja

KOMPAS.com - Supaya bisa mengikuti Kartu Prakerja, masyarakat atau calon peserta yang memenuhi syarat tertentu wajib melakukan pendaftaran akun Prakerja terlebih dahulu di situs web “Prakerja.go.id”.

Sebagaimana umum diketahui, Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dari pemerintah kepada kelompok pencari kerja. Program ini diselenggarakan melalui beberapa gelombang.

Setelah daftar akun Prakerja di situs web “Prakerja.go.id”, calon peserta bisa mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja sesuai dengan gelombang yang dibuka. Untuk periode 2022, tercatat telah terdapat 38 gelombang pendaftaran peserta Kartu Prakerja.

Bila telah daftar akun Prakerja dan dinyatakan lolos sebagai peserta Kartu Prakerja maka bantuan untuk mengikuti pelatihan kerja bakal diberikan. Proses untuk bisa mengikuti program Kartu Prakerja sejatinya tergolong mudah.

Kendati demikian, tak jarang dijumpai pula beberapa kendala, terutama saat pendaftaran akun Prakerja. Misalnya, kendala seperti gagal atau tidak bisa mengunggah (upload) foto KTP di situs web Prakerja.

Saat pendaftaran akun Prakerja, salah satu alur yang wajib dilakukan oleh calon peserta adalah verifikasi foto KTP. Alur verifikasi itu dilakukan dengan mengunggah foto KTP di Prakerja.

Namun, dalam beberapa kondisi tertentu, calon peserta mungkin bakal menjumpai masalah tidak bisa upload foto KTP di Prakerja. Saat menjumpai masalah ini, artinya file KTP yang diunggah calon peserta tidak dapat diterima oleh sistem Prakerja.

Lantas, kenapa tidak bisa upload foto KTP di prakerja? Secara umum, penyebab tidak bisa upload foto KTP di Prakerja adalah terdapat ketidaksesuaian dengan format yang diminta. Misalnya, foto KTP yang diunggah bukanlah e-KTP (KTP elektronik).

Kemudian, foto KTP terlalu gelap lantaran diambil dengan kondisi pencahayaan yang minim. Selain itu, penyebab tidak bisa upload foto KTP juga bisa ditimbulkan karena terdapat kerusakan pada e-KTP.

Dengan beberapa penyebab tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi gagal upload foto KTP di Prakerja? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi gagal upload foto KTP di Prakerja

Calon peserta sebenarnya punya kesempatan untuk mencoba unggah foto KTP sebanyak lima kali dalam satu hari. Agar tidak terus mengulang proses pengunggahan, pastikan telah mengikuti beberapa cara di atas, sebagaimana dilansir laman resmi Prakerja.

Demikianlah penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi gagal upload foto KTP di Prakerja, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/29/16150017/penyebab-dan-cara-mengatasi-gagal-upload-foto-ktp-saat-daftar-prakerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke