Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warganet Gaungkan #BlokirKominfo, Jadi Teratas di Trending Topic Dunia

Ketujuh platform itu meliputi platform Yahoo, PayPal, platform distribusi game, seperti Epic Games dan Steam, serta platform game, seperti Dota, Counter Strike, dan Origin.

Keputusan pemblokiran massal ketujuh platform itu pun memantik protes keras dari sejumlah warganet Indonesia.

Pengamatan KompasTekno, protes paling banyak berasal dari warganet yang juga pemain dan pecinta game. Twit protes dari warganet dan gamer ini pun turut dibubuhi tanda pagar atau hastag #BlokirKominfo serta meme.

Hingga pukul 11.30 WIB, twit yang menggunakan hastag #BlokirKominfo sudah mencapai lebih dari 40.000 twit dan masih terus bertambah.

Adapun twit yang membubuhkan hastag #BlokirKominfo kebanyakan berisi ungkapan kekecewaan, kesedihan, dan kekesalan warganet karena Kominfo memblokir Yahoo, PayPal, Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin.

Misalnya, pengguna Twitter dengan handle @Vertgod420 berkicau, bahwa pemblokiran ini tidak menyelamatkan Indonesia, namun justru mengacaukannya.

"Satu kata dari seluruh freelance dan streamer di seluruh Indonesia buat instansi satu ini. #BlokirKominfo," twit lain dari pengguna dengan handle @Pistachiococola.

Sejumlah warganet juga kompak menyebut bahwa pemblokiran Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin sama dengan upaya mematikan industri e-sports di Tanah Air.

Sedangkan, pemblokiran PayPal sama saja membuat para pekerja lepas hingga kreator konten tidak bisa mendapatkan bayaran dari pekerjaannya di luar negeri.

Pengguna Twitter dengan handle @rakata07 bahkan berpendapat bahwa pemblokiran ini merupakan "pelanggaran hak asasi manusia berskala negara".

Tak sedikit warganet yang menilai keputusan pemblokiran ini sebagai hal "konyol" dan  menggaungkan untuk merombak bahkan membubarkan Kementerian Kominfo.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/30/11450067/warganet-gaungkan-blokirkominfo-jadi-teratas-di-trending-topic-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke