Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Background Twibbon Transparan dengan Mudah dan Gratis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna mungkin sudah tak asing lagi dengan Twibbon, bingkai foto digital yang berisi pesan atau kampanye tertentu. Twibbon kerap digunakan untuk memperingati peristiwa penting, misal hari raya, hari kemerdekaan, tahun baru, dan sebagainya.

Dalam rangka memperingati peristiwa tersebut, pengguna umumnya bakal mengganti foto profil di media sosial dengan Twibbon, yang bisa diperoleh atau diunduh melalui beberapa situs web, salah satunya seperti Twibbonize.

Di Twibbonize, selain mengunduh, pengguna sebenarnya juga bisa untuk mengunggah Twibbon buatan sendiri. Sementara itu, untuk membuat Twibbon, caranya dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi edit gambar di HP seperti Canva.

Selesai membuat Twibbon di Canva, pengguna bisa mengunggahnya di situs web Twibbonize. Keuntungan membuat Twibbon sendiri adalah bisa menyesuaikan dengan desain yang dibutuhkan untuk memperingati peristiwa atau acara tertentu.

Namun, dengan keuntungan tersebut, bukan berarti tidak ada kendala dalam membuat dan mengunggah Twibbon sendiri di Twibbonize.

Salah satu kendala yang mungkin umum dijumpai adalah tidak bisa mengunggah Twibbon lantaran layer atau bagian latar belakangnya (background) belum transparan. Contoh kendala tersebut bisa dilihat lewat gambar di bawah ini.

Lantas, kenapa Twibbon tidak transparan? Kendala ini biasanya dijumpai karena seluruh layer dari gambar Twibbon masih solid. Background Twibbon transparan pada dasarnya dibutuhkan untuk menjadi tempat meletakkan foto.

Dari keseluruhan layer pada gambar Twibbon, transparansi background umumnya dibubuhkan tepat di elemen bingkai. Lalu, bagaimana cara membuat background Twibbon transparan?

Saat selesai membuat gambar Twibbon di aplikasi seperti Canva, pengguna perlu mengedit bagian latar belakangya jadi transparan. Di Canva sendiri, sejatinya terdapat fitur bawaan untuk edit background Twibbon agar transparan.

Namun, untuk mengakses fitur edit background Twibbon itu, pengguna perlu berlangganan akun Premium. Bila hendak membuat background Twibbon transparan secara gratis, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi lain.

Adapun salah satu contoh aplikasi transparansi Twibbon yang bisa digunakan secara gratis adalah Background Eraser. Aplikasi ini sebetulnya tidak hanya digunakan untuk membuat transparansi Twibbon, tapi bisa juga untuk gambar jenis lain secara umum.

Untuk cara membuat background Twibbon transparan via Background Eraser, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cukup mudah bukan membuat background Twibbon transparan? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda model ponsel dan versi sistem operasi yang digunakan, mungkin bakal beda pula langkah dan letak opsinya.

Itulah penjelasan seputar cara membuat background Twibbon transparan dengan mudah dan gratis via aplikasi Background Eraser, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/31/14150047/cara-membuat-background-twibbon-transparan-dengan-mudah-dan-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke