Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan via Online

KOMPAS.com - Cara cek status kepesertaan BPJS Kesehatan berguna untuk mengetahui kartu BPJS masih aktif atau tidak. Pengecekan ini biasanya dilakukan peserta saat ragu akan menggunakan BPJS Kesehatan di fasilitas kesehatan setelah lama tidak digunakan.

Adakalanya peserta tidak menyadari kartu BPJS Kesehatannya sudah tidak aktif. Hal ini umumnya dikarenakan peserta mengalami keterlambatan dalam pembayaran iuran tiap bulan.

Cara mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan saat ini juga mudah. Peserta tak perlu datang langsung ke kantor dan dapat dilakukan lewat online.

Pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan lewat online dapat dilakukan lewat empat cara. Pertama lewat aplikasi mobile JKN, CHIKA (Chat Assistant JKN) Telegram, WhatsApp, dan call center 165. Selengkapnya berikut ini cara cek status kepesertaan BPJS secara online dengan mudah.

Layanan CHIKA dapat diakses di nomor 08118750400. Berikut cara cek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui CHIKA:

  • Call center 165 merupakan hotline BPJS Kesehatan yang dapat diakses seluruh peserta melalui telepon rumah atau smartphone. Berikut ini caranya:
  • Ketik 165 di menu dial ponsel Anda Pilih jenis layanan menu “1”
  • Pilih layanan status kepesertaan Ketik nomor peserta/NIK
  • Ketik tanggal lahir VIKA akan menyampaikan status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

Cara mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan bisa juga dilakukan lewat Facebook Messenger. Untuk mengeceknya Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini. Demikian cara cek status kepesertaan BPJS Kesehatan via online. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/01/17150097/4-cara-cek-status-kepesertaan-bpjs-kesehatan-via-online-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke