Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kominfo Buka Blokir Steam, Counter Strike, Dota, dan Yahoo Hari Ini

Dengan begitu, gamer Indonesia bisa kembali memainkan dan membeli seluruh game favoritnya di Steam.

Secara bersamaan, blokir terhadap search engine Yahoo juga dibuka. Hal ini diumumkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui sebuah keterangan tertulis.

"Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut," tulis Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman Kominfo.

Pembukaan blokir terhadap keempat platform beken di Indonesia itu dilakukan setelah Kementerian Kominfo berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA).

Meski begitu, berdasarkan pantauan KompasTekno, nama Steam, Counter Strike, Dota, Yahoo masih belum muncul dan terdaftar di situs pse.kominfo.go.id per Selasa (2/8/2022) pukul 12.23 WIB.

Sebelumnya, Steam, Counter Strike, Dota, Yahoo, mulai diblokir pada 30 Juli 2022 karena tak kunjung melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat ke Kominfo. Pemblokiran 30 Juli juga dilakukan bersamaan kepada platform Origin, Epic Games, dan PayPal.

Keempat situs tersebut beralamat di:

  • steampowered.com
  • dota2.com
  • counter-strike.net
  • yahoo.com

Saat memasukkan keempat alamat URL di atas di peramban, kami bisa dengan leluasa mengakses situs secara normal, baik menggunakan jaringan internet seluler maupun WiFi (fixed broadband).

Padahal pada Sabtu 30 Juli, keempat situs tersebut tidak bisa tidak dapat diakses karena diblokir Kominfo.

Tempo hari, ketika dibuka, keempat URL tersebut justru menampilkan jendela bertuliskan "Your connection is not private" (Koneksi Anda tidak privat" seperti gambar di atas, alih-alih situs resmi dari kelimanya.

Origin dan Epic Games masih diblokir, PayPal lagi daftar

Berbeda nasib dengan Steam, Counter Strike, Dota, Yahoo, platform Origin dan Epic Games sendiri masih diblokir hingga saat ini, karena belum mendaftarkan diri. 

Khusus untuk PayPal, saat ini, pemblokiran platform ini tengah dibuka sementara untuk periode 1-5 Agustus 2022.

Kabar terbaru, Dedy turut mengatakan bahwa platform pembayaran dan transaksi online ini sudah berkomitmen untuk melakukan pendaftaran.

"Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat," tulis Dedy.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/02/12395787/kominfo-buka-blokir-steam-counter-strike-dota-dan-yahoo-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke