Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Download WhatsApp GB, Apa Risikonya?

Untuk mendapatkan atau download WhatsApp GB, umumnya dilakukan melalui situs web pengembangnya, bukan di toko aplikasi resmi. Kemudian, WhatsApp GB juga hanya bisa diinstal pada ponsel berbasis Android dengan file berformat APK.

WhatsApp GB sejatinya tergolong dalam jenis aplikasi WhatsApp versi Mod (modifikasi). Selain WhatsApp GB, terdapat pula WhatsApp Mod lain seperti WhatsApp Aero, WhatsApp Yo, WhatsApp Plus, FMWhatsApp, dan lainnya.

Semua aplikasi WhatsApp Mod tersebut tidaklah resmi alias ilegal, tak terkecuali dengan WhatsApp GB yang cukup populer digunakan. Dengan status ilegal tersebut, lantas apakah aman menggunakan WhatsApp GB?

Pada dasarnya, karena tidak dirilis dan dikembangkan secara resmi oleh pihak WhatsApp, keamanan penggunaannya pun tak dapat dipastikan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah risiko menggunakan WhatsApp GB.

Risiko menggunakan WhatsApp GB

1. Rawan membawa malware dan spyware

Sebagaimana sempat disinggung di atas, file aplikasi WhatsApp GB tidaklah tersedia di toko aplikasi resmi. Untuk download WhatsApp GB, pengguna perlu mengakses langsung situs web pengembangnya.

Dengan proses download WhatsApp GB seperti itu, filenya rawan membawa malware dan spyware yang bisa mencuri data pengguna. Ini dikarenakan tidak ada yang memverifikasi keamanan file aplikasi WhatsApp GB.

2. Tidak ada jaminan perlindungan pesan

WhatsApp memiliki sistem keamanan enkripsi (end-to-end encryption) yang dapat melindungi pesan pengguna agar tak dapat diintip siapapun, termasuk pihak WhatsApp sendiri.

Namun, tak ada jaminan sistem keamanan perlindungan pesan tersebut juga tersedia pada WhatsApp GB, yang bukan dikembangkan secara resmi oleh WhatsApp.

Sementara itu, baru-baru ini, CEO WhatsApp, Will Cathcart memperingatkan pada pengguna untuk tidak mengunduh dan menggunakan aplikasi WhatsApp Mod.

Melalui sebuah utas di akun Twitter pribadinya dengan handle @wcathcart, Cathcart mengatakan bahwa aplikasi WhatsApp hasil modifikasi tak terjamin keamanannya dan berpotensi mencuri data penggunanya.

Misalnya, seperti di aplikasi WhatsApp modifikasi bernama "Hai WhatsApp" dari pengembang HeyMods.

"Baru-baru ini tim keamanan kami menemukan malware tersembunyi di dalam aplikasi 'Hai WhatsApp' dan lainnya. Aplikasi ini menjanjikan fitur baru, tetapi itu sebenarnya hanya tipuan untuk mencuri informasi pribadi yang disimpan di ponsel pengguna," kata Cathcart.

3. Rentan diblokir

Risiko menggunakan WhatsApp GB yang berikutnya adalah akun pengguna rentan diblokir oleh pihak WhatsApp. Untuk diketahui, pihak WhatsApp sendiri tidak pernah memberikan otorisasi pengembangan aplikasi ke WhatsApp GB.

Dengan demikian, pengguna yang tetap menggunakan WhatsApp GB bisa dijatuhi sanksi lantaran melanggar ketentuan dari pihak WhatsApp.

Dikutip dari laman resmi bantuan WhatsApp, pihak WhatsApp mengatakan bahwa akun pengguna WhatsApp yang memakai aplikasi WhatsApp Mod seperti WhatsApp GB, bisa dijatuhi sanksi berupa pemblokiran akun sementara hingga selamanya.

Pada sanksi pemblokiran sementara, pengguna masih diberi kesempatan untuk beralih ke aplikasi WhatsApp resmi. Peralihan ini penting dilakukan agar akun tidak diblokir secara permanen oleh pihak WhatsApp lantaran menggunakan aplikasi WhatsApp Mod.

Lantas, bagaimana cara beralih dari WhatsApp GB ke WhatsApp resmi sebelum akun bisa diblokir permanen? Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman bantuan WhatsApp.

Cara beralih dari WhatsApp GB ke WhatsApp resmi

  • Bila akun telah diblokir sementara, tunggu hingga dibuka kembali. Pada akun tersebut, bakal terdapat penunjuk waktu yang memperlihatkan jangka waktu pemblokiran.
  • Sebelum berpindah, jangan lupa cadangkan chat WhatsApp lebih dulu. Di WhatsApp GB, bisa dimulai dengan mengetuk "Opsi lainnya" > "Chat" > "Cadangan chat".
  • Lalu, buka "Setelan Telepon" > ketuk "Penyimpanan" > "File".
  • Temukan folder WhatsApp GB, kemudian ketuk dan tahan hingga muncul opsi di sudut kanan atas. Klik "Lainnya" > "Ubah Nama", lalu ubah nama folder menjadi "WhatsApp".
  • Kemudian, unduh aplikasi resmi WhatsApp di Play Store. Setelah terinstal, silakan login akun di aplikasi WhatsApp resmi.
  • Pada layar Pencadangan di aplikasi WhatsApp resmi, ketuk "Pulihkan" > "Berikutnya".
  • WhatsApp kemudian akan memulihkan chat yang telah dicadangkan tadi.

Perlu diketahui, cara ini mungkin akan membantu memindahkan chat dari WhatsApp GB ke aplikasi resmi, tapi tidak ada jaminan proses peralihan akan sukses 100 persen karena pihak WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang ilegal.

Mengingat beberapa risiko di atas, ada baiknya untuk tidak download WhatsApp GB dan menggunakannya. Demikianlah penjelasan seputar risiko menggunakan WhatsApp GB, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/02/16150077/download-whatsapp-gb-apa-risikonya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke