Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 5G Pro Siap Masuk Indonesia, Apa Keunggulannya?

Kedua ponsel ini dibekali sejumlah peningkatan dari pendahulunya, khususnya di sektor kamera dan desain.

Dalam acara bertajuk “Oppo Reno8 1st Impression Event”, Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia, memaparkan bahwa Reno series ini memang berfokus pada keunggulan kamera dan desainnya.

Dari sektor fotografi, Reno8 5G Pro lebih unggul dari versi regulernya. Sebab, ponsel ini dibekali chip Neural Processing Unit (NPU) buatan Oppo sendiri bernama MariSilicon X.

“MariSilicon X, Imaging NPU, chipset yang merupakan inovasi terbesar Oppo pada tahun ini, di mana kami (Oppo) menciptakan sebuah NPU pencitraan khusus, yang memang semuanya dibuat oleh Oppo, kami namakan MariSilicon X,” jelas Aryo.

MariSilicon yang dibuat dengan fabrikasi 6 nm ini dipercaya akan meningkatkan hasil foto ataupun video dari Oppo Reno 8 5G Pro. Terutama saat perangkat digunakan pada malam hari dalam kondisi minim cahaya.

Dengan MariSilicon X, ponsel dapat mengurangi bintik foto (noise) pada gambar ataupun video yang diambil oleh pengguna. Menurut Aryo, ini juga berkat adanya Artificial Intelligence (AI) Noise Reduction yang diklaim mampu meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto.

Chip MariSilicon X ini merupakan "warisan" dari ponsel flagship Oppo Find X5 Pro. Menurut Aryo, nantinya, NPU tersebut bakal dikombinasikan dengan Image Signal Processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory dalam satu chipset.

Kombinasi keduanya memungkinkan MariSilicon X melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt.

Untuk mempermudah gambaran, penggunaan MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja perangkat yang cepat, tanpa harus menguras daya baterai yang besar.

Fitur unggulan lain yang juga dihadirkan Oppo Reno 8 5G Pro adalah fitur Night Portrait, 4K Ultra Night Video, 4K Ultra HDR Video, Turbo RAW, hingga autofocus lock di kamera depan (selfie).

Sedangkan, untuk Reno8 5G “reguler”, fitur yang tersedia serupa dengan yang di atas, tetapi belum bisa merekam gambar dalam kualitas 4K serta belum memiliki autofocus di kamera depan.

Untuk Oppo Reno 8 5G “reguler” akan tersedia dalam dua varian warna, yaitu Shimmer Gold dan Shimmer Black, sedangkan Oppo Reno 8 5G Pro tersedia dalam pilihan Glazed Green dan Glazed Black.

Meskipun rincian spesifikasi Oppo Reno8 5G series versi Indonesia masih belum diumumkan, tidak ada salahnya menilik spesifikasi Reno8 5G series versi global untuk dijadikan bahan perbandingan.

Spesifikasi Reno8 5G series versi global

Oppo Reno8 5G “reguler” dan “pro” versi global memiliki dimensi dan bobot yang serupa, masing-masing 160,6 x 73,4 x 7,7 mm (179 gram) dan 161.2 x 74.2 x 7.3 mm (183 gram).

Dari segi layar, keduanya kompak mengusung layar AMOLED. Perbedaannya terletak pada angka refresh rate. OppoReno 8 5G “reguler” di angka 90Hz dan versi “Pro” di angka 120Hz.

Sedangkan untuk bentang layarnya, Reno8 5G Pro lebih luas dibanding Reno8 5G “reguler”. Sebagai perbandingan, Oppo Reno8 5G Pro memiliki layar berdiagonal 6,7 inci, lalu untuk Reno8 5G reguler memiliki bentang layar seluas 6,4 inci.

Untuk sektor kamera, pihak Oppo belum membeberkan spesifikasi kamera yang diusung di Reno8 5G series versi Indonesia. 

Namun, jika konfigurasi kamera tersebut sama dengan versi global, keduanya bakal memiliki kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Lalu, untuk kamera depan adalah 32 MP.

Oppo Reno 8 5G Pro dan Reno 8 5G reguler versi global, sama-sama mengandalkan chipset besutan MediaTek.

Oppo Reno 8 5G “reguler” ditenagai oleh Dimensity 1600 (6nm), sedangkan versi “pro”-nya mengandalkan Dimensity 8100-Max (5nm).

Chipset tersebut dipadukan dengan dua varian RAM dan dua varian penyimpanan internal, yang terdiri dari 8GB RAM/128GB memori dan 8GB RAM/256GB untuk versi reguler. Lalu, 8GB RAM/ 256 GB dan 12GB RAM/256 GB untuk “Pro”.

Kedua ponsel Reno 8 5G series versi global kompak memiliki kapasitas baterai sebesar 4.500mAh dengan mendukung fast charging 80 watt. Pengisian daya dapat dilakukan melalui port USB-C yang tersedia.

Kemudian, untuk harganya sendiri, Oppo Reno 8 5G “reguler” versi global di India, dibanderol seharga 39.000 rupee (sekitar Rp 7,3 juta), sedangkan Oppo Reno 8 5G Pro seharga 46.000 rupee atau Rp 8,6 juta (untuk versi 8GB RAM/256 GB).

Setelah memamerkan kedua ponsel tersebut ke Indonesia, seharusnya peluncuran Reno8 5G series di Tanah Air bakal dilakukan sebentar lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/03/17300097/oppo-reno-8-5g-dan-reno-8-5g-pro-siap-masuk-indonesia-apa-keunggulannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke