Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Line Jobs Tutup Layanan Mulai 30 Agustus 2022

Line Indonesia mengatakan penutupan operasional Line Jobs dikarenakan perusahaan akan beralih fokus ke arah teknologi baru, seperti teknologi keuangan (fintech), Artificial Intelligence/Kecerdasan buatan (AI), blockchain, dan NFT (non-fungible token).

Line Indonesia telah menyampaikan penutupan ini melalui kanal Line Jobs dan diberitahukan melalui kolom chat (obrolan) pengguna.

"Untuk lebih fokus ke bisnis baru ini, kami Line Indonesia dengan berat hati memutuskan untuk menutup layanan Line Jobs Indonesia secara efektif pada tanggal 30 Agustus mendatang," tulis Line Indonesia dalam pemberitahuan yang disebar kepada para pengguna Line Jobs.

Dengan ditutupnya layanan Line Jobs, perusahaan yang sebelumnya mendaftar sebagai mitra, tidak lagi dapat mengakses fitur "Line Jobs for Employer".

Hal yang sama juga akan berlaku bagi pengguna yang terdaftar sebagai pencari kerja. Setelah 30 Agustus, pengguna Line Jobs tidak lagi dapat menggunakan akun miliknya.

Line Jobs sendiri merupakan layanan penyedia informasi lowongan pekerjaan yang diluncurkan oleh Line Indonesia pada Desember 2016 lalu.

Sebagaimana portal lowongan kerja pada umumnya, Line Jobs menyajikan kumpulan lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA dan SMK, D3, hingga S1.

Pengguna Line Jobs juga dapat memilih jenis pekerjaan yang ingin dilamar berdasarkan lokasi dan tipe pekerjaan yang dikehendaki.

Susul Line Today dan Line OpenChat

Seperti dijelaskan sebelumnya, Line Indonesia telah menutup Line Today dan Line OpenChat beberapa waktu lalu. Line Today dipastikan tutup per 6 Juli 2022 yang kemudian disusul oleh Line OpenChat pada 20 Juli lalu.

Berdasarkan fungsinya, Line Today merupakan layanan news feed/news aggregator yang dimiliki Line. Layanan ini menyajikan kumpulan berita populer dari berbagai media. 

Sedangkan Line OpenChat merupakan ruang komunikasi berbasis komunitas di dalam aplikasi Line. Layanan ini menjadi wadah bagi komunitas untuk berkumpul secara online sesuai dengan minat dan hobi yang mereka gemari.

Serupa dengan alasan dipensiunkannya Line Jobs, penutupan kedua layanan tersebut diklaim merupakan bentuk strategi perusahaan untuk fokus pada bisnis teknologi keuangan di Tanah Air.

“Kami akan tetap menyediakan layanan-layanan esensial lain serta melakukan aktivitas M&A,” ungkap Country Manager Line Indonesia, Fanny Verona kepada KompasTekno, Selasa (14/6/2022) lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/04/16350097/line-jobs-tutup-layanan-mulai-30-agustus-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke