Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Mulai Gabungkan Aplikasi Video Call Duo dan Meet

Kini, peleburan itu dimulai. Pantauan KompasTekno, ketika aplikasi Google Duo dibuka, maka akan muncul pengumuman terkait peleburan tersebut.

Saat membuka aplikasi Google Duo, pengguna akan melihat pemberitahuan berjudul “Duo is getting even better”.

Pengumuman tersebut mengatakan bahwa aplikasi Duo dalam perangkat diubah menjadi Meet dengan nama, ikon, dan fitur-fitur baru. Hal senada juga diumumkan Google melalui blog resminya.

“Google Duo telah di-upragde termasuk fitur-fitur rapat (yang ada di dalam aplikasi). Dalam beberapa minggu mendatang, nama aplikasi dan logo Google Duo akan diubah menjadi Google Meet,” tulis Google dalam blog resminya.

Artinya, fitur-fitur yang tersedia di Google Meet akan dipindahkan seluruhnya ke Duo. Nama aplikasi Google Duo juga akan diubah menjadi Google Meet.

Meski dilebur, bukan berarti aplikasi lama Google Meet akan hilang. Google mengubah nama aplikasi Meet lama menjadi "Meet Original".

Menurut pantauan KompasTekno, Kamis (4/8/2022) siang, pengguna sudah dapat menikmati fitur-fitur dari Google Meet di Google Duo. Seperti membuat grup, membuat rapat online, hingga membuat jadwal pertemuan rapat yang langsung terintegrasi dengan Google Calendar.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (4/8/2022), fitur yang akan dibawa dari aplikasi Meet ke Google Duo antara lain, membuat jadwal rapat online, mengirim pesan selama berlangsungnya rapat, berbagi layar secara langsung, peningkatan jumlah peserta dari 32 orang menjadi 100 orang, terintegrasi langsung dengan Gmail, Google Calendar, Messages, dan sebagainya.

Nantinya, setelah ada perubahan nama, pengguna lama Meet versi mobile akan diarahkan untuk menginstal aplikasi Meet versi baru. Sementara itu, pengguna Meet yang mengakses via Gmail, tidak akan terdampak perubahan ini, dihimpun dari GSM Arena.

Menurut laporan Tech Crunch, upaya peleburan dua aplikasi akan menjadi proses yang rumit dan panjang untuk dilakukan. Apalagi, peleburan tersebut dilakukan dengan memindahkan semua fitur Google Meet ke aplikasi Duo.

Kendati begitu, secara fungsi, pengguna "seharusnya" tidak akan merasa/melihat perubahan yang signifikan antara aplikasi versi lama dan versi baru. Sebab, dua aplikasi tersebut pada dasarnya sama-sama aplikasi panggilan video.

Namun, perubahan yang mungkin terjadi adalah ketika pengguna ingin membuat pertemuan atau rapat online. Pengguna harus masuk (log in) menggunakan email Google, sedangkan pada aplikasi Duo dulu, pengguna hanya memerlukan nomor telepon saja.

“Kami akan memberi tahu Anda (pengguna) kapan Anda harus bermigrasi ke pengalaman (dari) aplikasi baru (Meet ke Duo),” imbuh Google.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/04/19300067/google-mulai-gabungkan-aplikasi-video-call-duo-dan-meet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke