Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Fitur Baru Whatsapp untuk Voice Note, Sudah Coba?

Fitur baru WhatsApp untuk voice note yang pertama adalah kemampuan untuk mempercepat fitur pesan suara (voice note). Kedua, pengguna dapat menjeda (pause) rekaman sebelum dikirim. Lalu yang terakhir, pengguna dapat memutar pesan suara, meski sudah meninggalkan ruang obrolan.

Seluruh pengguna WhatsApp, baik yang mennggunakan perangkat iOS maupun Android, sudah bisa menikmati fitur tersebut. Kendati demikian, pengguna harus terlebih dahulu melakukan update aplikasi ke versi terbaru.

Lantas, bagaimana cara menggunakan ketiga fitur baru voice note WhatsApp itu? Berikut penjelasannya.

Fitur baru WhatsApp untuk Voice Note

1. Mengatur kecepatan fitur voice note

Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur kecepatan pesan suara yang diterima dari orang lain. Ada tiga opsi playback speed (kecepatan pemutaran) yang bisa dipilih, yakni kecepatan normal (1.0x), 1.5x, dan 2.0x.

Saat pesan diterima, secara default, VN akan diputar dengan kecepatan 1.0x. Untuk mempercepat pemutaran pesan suara, berikut caranya:

Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengatur kecepatan VN saat pengguna me-review isi pesan suara. Caranya adalah sebagai berikut:

2. "Pause" (jeda) voice note yang akan dikirim

WhatsApp kini memiliki fitur "pause" atau jeda yang bisa digunakan ketika penggna sedang merekam VN. Artinya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih pause or play (jeda atau memainkan) rekaman suara tersebut sebelum dikirim.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna bisa mengecek terlebih dahulu, apakah rekaman suara tersebut sudah sesuai atau tidak. Berikut adalah langkah untuk melakukan jeda pada VN yang akan dikirim.

3. Memutar voice note sambil chatting

Fitur ketiga ini memungkinkan pengguna untuk tetap dapat mendengarkan pesan suara sambil chatting-an dengan kontak lain.

Fitur bernama “Global Voice Note Player” (pemutar pesan suara global) ini memungkinkan pengguna untuk keluar dari ruang obrolan tanpa harus menutup voice note.

Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot harus terus berada di ruang obrolan yang sama, untuk mendengarkan rekaman tersebut sampai selesai. Jika durasi rekaman panjang, pengguna bisa tetap mendengarkan sambil membalas pesan lain yang masuk.

Itulah tiga fitur baru WhatsApp untuk voice note yang wajib Anda ketahui dan perlu untuk dicoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/08/12080037/3-fitur-baru-whatsapp-untuk-voice-note-sudah-coba-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke