Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy Z Flip 4 Resmi Meluncur dengan Baterai Lebih Besar

Ponsel yang diumumkan di ajang "Samsung Galaxy Unpacked" yang digelar secara virtual pada Rabu (10/8/2022) malam pukul 20.00 WIB ini merupakan generasi penerus dari Galaxy Z Flip 3 yang sudah meluncur tahun lalu.

"Kami telah mengembangkan Galaxy Fold selama satu dekade terakhir, dan kini kami menuju ke pasar mainstream. Hari ini, kami bangga memperkenalkan generasi foldable selanjutnya, produk terbaik yang pernah kami buat," kata President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh dalam pembukaan Galaxy Unpacked.

Lantas, bagaimana spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4?

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4

Sebagai suksesor, Samsung Galaxy Z Flip 4 memiliki sejumlah peningkatan spesifikasi. Pada aspek kamera, misalnya, ponsel lipat ini sudah dibekali dengan fitur mode malam khas Samsung Galaxy S22 Ultra yang dijuluki dengan istilah "Nightography".

Melalui fitur ini, Samsung memperbesar sensor piksel di kamera utama dari 1,4 mikron ke 1,8 mikron. Dengan pembesaran tersebut, foto malam hari diklaim akan 65 persen lebih terang dibanding Galaxy Z Flip 3.

"Nightography meningkatkan besar pixel kamera utama dari 1,4 mikron ke 1,8 mikron untuk meningkatkan kualitas foto malam hari," jelas Integrated Marketing, Dillon Hesse dalam acara peluncuran.

Meski lebih mumpuni, resolusi kamera Samsung Galaxy Z Flip 4 tetap identik dengan Galaxy Z Flip 3. Kedua ponsel ini kompak dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Di bagian depannya, terdapat kamera selfie yang dimuat dalam sebuah lubang kamera (punch hole) dengan resolusi 10 MP (f/2.4). Ukuran punch hole di Galaxy Z Flip kini diklaim lebih kecil.

"Punch hole di Galaxy Z Flip4 kini lebih kecil, sehingga tidak mengganggu pengalaman penggunaan layar," jelas Hesse.

Fitur pendukung kamera lainnya mencakup penstabil gambar optis (OIS) dan elektronik (VDIS) yang ditingkatkan, Quickshot, mode Preview dan Portrait yang diperbarui, dan masih banyak lagi.

Beralih ke bagian layar, salah satu hal menarik yang ada di Samsung Galaxy Z Flip 4 adalah layar sekundernya yang terletak di sebelah modul kamera belakang. Layar ini biasa dijuluki dengan cover screen.

Pada Galaxy Z Flip 3, cover screen yang berpanel Super AMOLED dan memiliki ukuran 1,9 inci (resolusi 260x 512 piksel) itu bisa menampilkan kalender, informasi waktu, notifikasi, pesan, dan lain sebagainya. 

Kini, dengan ukuran layar yang sama, fungsi cover screen di Samsung Galaxy Z Fold 4 diperbanyak dan mendukung fitur balas pesan dengan emoji atau kalimat singkat, fitur Quick Settings yang lebih banyak (WiFi, Bluetooth, dll), serta mendukung fitur biometrik Face Unlock.

Lalu, cover screen ponsel lipat itu kini juga bisa digunakan untuk menampilkan kartu identitas pemilik ponsel, Samsung Pay, panggilan telepon yang masuk, menelepon seseorang, dan masih banyak lagi.

"Galaxy Z Flip 4 cover screen kini bisa menyimpan kartu identitas, SIM, tiket, dan masih banyak lagi. Dan ini semua dilindungi oleh Samsung Knox," jelas Hesse.

Masih di bagian layar, spesifikasi layar depan Samsung Galaxy Z Flip 4 sama persis dengan Galaxy Z Flip 3. Kedua ponsel lipat tersebut mengadopsi layar utama Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Meski tak ada peningkatan dari segi ukuran layar, Samsung mengeklaim Galaxy Z Flip 4 sedikit lebih "ringkas" dengan dimensi 165,2 x 71,9 x 6,9 mm ketika dibentangkan, dan memiliki dimensi 84,9 x 71,9 x 17,1 mm ketika dilipat.

Galaxy Z Fold 3 memiliki dimensi 166 x 72,2 x 6,9 mm ketika dibentangkan, dan memiliki dimensi 86,4 x 72,2 x 17,1 ketika dilipat.

Kendati demikian, bobot Galaxy Z Flip 4 sedikit lebih berat dengan 187 gram, alih-alih 183 gram.

Bobot yang lebih berat tersebut mungkin disebabkan oleh baterai Galaxy Z Flip 4 yang lebih bongsor dibanding Galaxy Z Flip 3.

"Kami merampingkan ukuran hinge untuk memberikan kapasitas baterai yang lebih besar dan awet," jelas Hesse.

Di atas kertas, ponsel lipat terbaru Samsung ini memiliki baterai 3.700 mAh, meningkat dari 3.300 mAh di generasi sebelumnya.

Dukungan pengisian cepat via kabel turut ditingkatkan menjadi 25 watt, alih-alih 15 watt, sedangkan kecepatan pengisian via nirkabel masih tetap berada di angka 10 watt.

Untuk aspek hardware lainnya, Samsung Galaxy Z Flip 4 ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dan tiga opsi media penyimpaan (storage) UFS 3.1 dengan kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Samsung mengeklaim kombinasi chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan baterai yang lebih besar ini bisa membuat konsumsi daya di Galaxy Z Flip 4 jauh lebih efisien dibanding Galaxy Z Flip 3.

Beralih ke aspek fitur, Galaxy Z Flip 4 turut dibekali dengan fitur Flex Mode yang turut mengalami peningkatan.

Salah satunya adalah FlexCam yang memungkinkan pengguna merekam video atau mengambil foto di mode Flex Mode (mode ponsel ditekuk 90 derajat) dengan sudut pandang (angle) bervariasi.

Terkait Flex Mode, fitur tersebut juga kini mendukung fitur-fitur kamera yang ada di platform Facebook, Instagram, YouTube, Messenger, dan Google Duo, serta mendukung fitur yang memungkinkan layar bagian bawah disulap menjadi touchpad ala laptop.

Fitur pedukung lainnya mencakup tingkat ketahanan terhadap air dengan IP rating IPX8, layar dan bagian cangkang Armor Aluminum yang sudah dilindungi dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus Plus, serta bingkai kokoh berbahan metal.

"Galaxy Z Flip 4 adalah ponsel lipat yang tahan air, sehingga Anda tidak perlu khawatir terkena air atau memakainya ketika hujan," ujar Hesse.

Pada sektor software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) One UI 4.1.1.

Samsung Galaxy Z Flip 4 tersedia dalam varian warna Essential Graphite, Genderless Pink Gold, Bora Purple, dan Contemporary Blue.

Selain keempat warna tersebut, konsumen juga bisa memilih kombinasi warnanya sendiri dengan meminang Galaxy Z Flip 4 BeSpoke Edition.

Jika membeli edisi tersebut, konsumen bisa mengganti warna cangkang mereka yang dibagi menjadi tiga komponen, yaitu Front Panel (panel kamera belakang), Frame & Hinge (panel bagian bawah modul kamera dan engsel), dan Back Panel (panel terbawah).

Pilihan warna Front Panel dan Back Panel mencakup Yellow, Red, Navy, Khaki, dan White, sedangkan pilihan warna Frame & Hinge mencakup Gold, Silver, dan Black.

Di Indonesia, harga Samsung Z Flip 4 bisa disimak di artikel berikut: Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 di Indonesia, Lebih Murah dari Z Flip 3

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/10/20150037/samsung-galaxy-z-flip-4-resmi-meluncur-dengan-baterai-lebih-besar

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke