Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Ungkap Kecanggihan Teknologi "Sleep Tracking" di Galaxy Watch 5 Series

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan smartwatch Galaxy Watch 5 series dalam gelaran "Galaxy Unpacked" yang dihelat 10 Agustus lalu. Perangkat yang dapat dikenakan atau disebut wearable device ini dirilis bersamaan dengan Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Buds 2 Pro.

Galaxy Watch 5 series sendiri terdiri dari dua model, maliputi Galaxy Watch 5 "reguler" dan Galaxy Watch 5 Pro. Kedua perangkat ini menawarkan sejumlah fitur pelacak kesehatan, termasuk fitur pelacak tidur atau sleep tracking yang ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Executive Vice President Samsung Electronics, Yang Tae-jong, yang sekaligus berperan sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada divisi mobile Samsung mengeklaim bahwa Galaxy Watch 5 series menggunakan teknologi sleep tracking paling canggih di dunia.

Teknologi yang dimaksud yaitu sensor Bioactive yang membuat Galaxy Watch 5 bisa membantu menjaga kebiasaan dan pola tidur pengguna jadi lebih sehat.

Tekologi ini menggabungkan sejumlah sensor kesehatan khusus agar menghasilkan data kesehatan yang akurat serta insight terkait kebugaran pengguna.

Tae-jong menjelaskan bahwa Samsung mengembangkan teknologi itu dalam waktu yang lama. Oleh karena itu Galaxy Watch 5 mampu memantau berbagai tahap tidur, mendeteksi dengkuran, mengukur kadar oksigen dalam darah untuk menentukan kualitas tidur, dan mengubahnya dalam bentuk skor.

Bekerja sama dengan Samsung Medical Center, Galaxy Watch 5 juga menawarkan program khusus secara gratis, yaitu pelatihan tidur agar kualitas tidur pengguna lebih baik dan lebih sehat.

Tae-jong juga mengeklaim perusahaannya berkerja sama dengan National Sleep Foundation AS serta laboratorium di San Diego dan San Francisco untuk meneliti teknologi tidur. Dalam praktiknya, kerja sama ini juga memanfaatkan data yang relevan untuk uji klinis.

Teknologi lainnya yang mendukung fitur sleep tracking pada Galaxy Watch 5 series yaitu sensor suhu yang baru. Teknologi ini melibatkan inframerah untuk pelacakan yang lebih akurat, khususnya dalam mengukur kualitas tidur pengguna.

Selain sejumlah fitur di atas, Galaxy Watch 5 series juga memiliki fitur analisis Biometric yang ditingkatkan dibanding pendahulunya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (19/8/2022).

Dengan begitu, pengguna Galaxy Watch 5 tidak hanya mendapatkan analisis kesehatan, namun juga saran yang bisa membuat pengguna mencapai target yang lebih baik.

Lebih lanjut, Tae-jong menyatakan bahwa dia percaya arloji pintar di masa depan akan lebih fokus pada fitur kesehatan dan dapat digunakan untuk perawatan kesehatan berbasis teknologi digital.

Harga Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro di Indonesia

Galaxy Watch 5 hadir dalam dua varian yaitu 40 mm (Graphite, Pink Gold, Silver) dan 44 mm (Graphite, Sapphire, Silver). Sementara itu Galaxy Watch 5 Pro hanya tersedia dalam varian 45 mm (Black Titanium, Gray Titanium).

Baik Galaxy Watch 5 maupun Galaxy Watch 5 Pro sudah bisa dipesan (pre-order) di Indonesia mulai 10 Agustus hingga 1 September 2022 di situs Samsung.com/id atau marketplace rekanan Samsung. Berikut rincian harganya.

  • Galaxy Watch 5 40mm: Rp 3.499.000
  • Galaxy Watch 5 44mm: Rp 3.999.000
  • Galaxy Watch 5 Pro 45mm: Rp 6.499.000

Adapun spesifikasi Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/19/08300087/samsung-ungkap-kecanggihan-teknologi-sleep-tracking-di-galaxy-watch-5-series

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke