Salin Artikel

Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Rupiah Baru 2022 via PINTAR BI

KOMPAS.com- Setelah resmi diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada Kamis kemarin (18/8/2022), pecahan kertas uang Rupiah baru tahun emisi 2022 atau uang Rupiah baru 2022, kini sudah bisa didapatkan masyarakat melalui layanan Kas Keliling.

Dalam peluncurannya, terdapat tujuh pecahan kertas uang Rupiah baru 2022, dengan nominal yang terdiri dari Rp Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, dan Rp100.000.

Adapun bentuk dari pecahan kertas uang Rupiah baru 2022 adalah sebagai berikut, sebagaimana termuat dalam tayangan video YouTube BI.

Penukaran uang Rupiah baru 2022 dengan bentuk seperti gambar di atas dapat dilakukan melalui layanan Kas Keliling. Untuk diketahui, Kas Keliling merupakan layanan penukaran uang Rupiah dari BI yang hadir di sejumlah lokasi.

Jadi, melalui layanan tersebut, masyarakat tak perlu repot datang ke kantor BI untuk melakukan penukaran uang Rupiah baru 2022. Lantas, bagaimana cara cek lokasi penukaran uang Rupiah baru 2022 dari Kas Keliling?

Cek lokasi penukaran uang Rupiah baru 2022 dari Kas Keliling bisa dilakukan melalui website PINTAR (Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) BI. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek lokasi penukaran uang Rupiah baru 2022 via PINTAR BI.

Itulah cara cek lokasi penukaran uang Rupiah baru 2022 dari layanan Kas Keliling via PINTAR BI. Selain cek lokasi, masyarakat juga bisa melakukan pemesanan penukaran uang Rupiah baru 2022 via PINTAR BI.

Dengan melakukan pemesanan, masyarakat tak perlu antre lama untuk bisa melakukan penukaran uang Rupiah baru 2022 di Kas Keliling. Masyarakat nantinya cukup membawa bukti pemesanan yang diperoleh dari PINTAR BI.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara tukar uang Rupiah baru 2022 via PINTAR BI, silakan simak di bawah ini.

Cara tukar uang Rupiah baru 2022 via PINTAR BI

  • Kunjungi link penukaran uang Rupiah baru 2022 ini https://pintar.bi.go.id/.
  • Selanjutnya, pilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling” yang berada di halaman awal situs.
  • Pilih provinsi lokasi penukaran uang Rupiah pada mobil Kas Keliling yang diinginkan.
  • Selanjutnya, situs bakal menampilkan daftar lokasi dan tanggal yang tersedia. Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang tersebut sesuai kebutuhan.
  • Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail aktif.
  • Kemudian, pada tahap “Detail Pecahan” pilih opsi “Uang Rupiah TE (Tahun Emisi) 2022”.
  • Masukkan paket pecahan nominal uang Rupiah baru 2022 yang hendak ditukarkan.
  • Setelah itu, klik opsi “Pesan” dan simpan bukti pemesanan penukaran uang Rupiah baru 2022.
  • Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas Kas Keliling saat melakukan penukaran uang Rupiah baru 2022, sesuai dengan pilihan lokasi dan waktu sebelumnya.

Cukup mudah bukan untuk tukar uang Rupiah baru 2022 via PINTAR BI? Sebagai informasi tambahan, sebelum melakukan pemesanan penukaran uang Rupiah baru 2022, sebaiknya pahami dulu beberapa syarat yang telah ditentukan BI.

Dikutip dari laman resmi PINTAR BI, berikut adalah penjelasan mengenai syarat penukaran uang Rupiah baru 2022.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/19/09150007/cara-cek-lokasi-penukaran-uang-rupiah-baru-2022-via-pintar-bi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.