Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo ColorOS 13 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

Software antarmuka ColorOS 13 ini juga merupakan suksesor dari ColorOS 12 yang dirilis Oppo pada September 2021 lalu. Sebagai penerus, ColorOS 13 membawa sejumlah pembaruan, baik dari aspek fitur dan desainnya.

Desain membulat, ada playback musik di Control Center

ColorOS 13 kali ini membawa desain "Aquamorphic", yang menghadirkan antarmuka dan widget dengan sudut-sudut yang lebih membulat.

Oppo juga mengintegrasikan bahasa desain UI Google, Material You, ke ColorOS 13. Dengan begitu, palet warna dari Android diintegrasikan ke antarmuka internal Oppo.

Salah satu perubahan desain yang paling kentara terdapat pada Control Center ketika pengguna mengusap layar ke bawah.

Di ColorOS 12, pengguna biasanya hanya akan menemukan sejumlah ikon pengaturan, seperti pengaturan WiFi, Bluetooth, Location, Dark Mode, Mobile Data, dan lainnya.

Ketiganya adalah kontrol pengaturan untuk WiFi, Bluetooth, dan pemutar musik, seperti gambar di samping.

Dengan kontrol WiFi dan Bluetooth yang baru di ColorOS 13, pengguna bisa menghubungkan ponsel ke WiFi dan Bluetooth melalui sebuah pop-up, tidak perlu lagi membuka halaman pengaturan utama WiFi/Bluetooth secara keseluruhan.

Tampilan Control Center baru pada ColorOS 13 ini akan semakin memudahkan pengguna ketika ingin menghubungkan ponsel ke WiFi atau Bluetooth.

Selain itu, ColorOS 13 juga memiliki ikon pemutar musik khusus di Control Center, sehingga pengguna bisa mengontrol musik (memainkan, menjeda, beralih ke musik selanjutnya, kembali ke musik sebelumnya) dengan lebih cepat.

ColorOS 13 juga menawarkan efek interaksi yang lebih lembut, lebih alami, dan realistis.

Kemampuan ini didukung oleh teknologi Quantum Animation Engine yang diperbarui sehingga dapat memberikan umpan balik yang tepat saat pengguna berinteraksi dengan ColorOS 13.

Salah satu fitur baru menarik yang disertakan adalah "Auto Pixelate" alias Pikselasi Otomatis.

Fitur privasi ini dapat mengenali, kemudian secara otomatis mengaburkan foto profil dan nama dalam tangkapan layar (screenshot) obrolan di aplikasi WhatsApp atau Messanger.

Fitur Auto Pixelate ini bakal menghemat waktu pengguna ketika ingin berbagi gambar percakapan mereka dengan publik, tanpa menyertakan informasi profil mereka.

Always-On Display (AOD) dengan pemutar musik Spotify

Oppo turut memperbarui fitur Smart Always-On Display (AOD) di ColorOS 13.

Fitur Always-On Display ini biasanya terdapat di sejumlah layar smartphone berpanel AMOLED. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi waktu, tanggal, hingga notifikasi penting lainnya tanpa harus membuka kunci layar (lockscreen) perangkat.

Nah, Oppo kini mengintegrasikan pemutar musik untuk aplikasi Spotify dan pemutar musik bawaan di fitur Always-On Display miliknya.

Dengan begitu, pengguna bisa melihat dan mengontrol musik yang sedang diputar tanpa perlu membuka lockscreen.

Di samping itu, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (19/8/2022), Oppo mengungkapkan bahwa kecepatan refresh rate unutk Always-On Display dikurangi menjadi hanya 1 Hz saja.

"Berkat teknologi layar LTPO 2.0, kecepatan refresh Always-On Display dikurangi menjadi hanya 1 hertz untuk menghemat konsumsi daya 30 persen untuk beberapa skenario," tulis Oppo.

Fitur ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman ketika pengguna melakukan konferensi video di aplikasi video conferencing macam Zoom, Google Meet, hingga Microsoft Teams.

Dengan fitur Meeting Assistant, ponsel dirancang untuk memprioritaskan koneksi internet pada aplikasi Zoom dkk, ketimbang aplikasi lain. Sehingga diharapkan konferensi video dapat berjalan lancar.

Fitur Meeting Assistant juga bakal membuat ukuran jendela notifikasi pop-up menjadi lebih minimalis, sehingga tidak mengganggu pengguna ketika sedang Zoom Meeting lewat ponsel Oppo.

Di samping itu, Multi-Screen Connect versi baru juga memungkinkan pengguna menampilkan tiga jendela dari ponsel di PC Windows yang terhubung. Tiga jendela itu termasuk dua aplikasi latar belakang serta satu cerminan langsung dari layar ponsel, sebagaimana dihimpun dari The Verge.

Dengan fitur Multi-Screen Connect, pengguna bisa merima pemberitahuan, transfer dan edit file, serta salin dan tempel teks antar perangkat Oppo dan PC Windows pengguna.

Perangkat pertama yang mendapatkan pembaruan ColorOS 13 adalah duo ponsel flagship terbarunya, yaitu Oppo Find X5 Pro dan Find X5.

ColorOS 13 sedianya berbasis sistem operasi Android 13. Dengan begitu, pembaruan antarmuka ke ColorOS 13 juga secara otomatis akan meng-upgrade sistem operasi ponsel ke Android 13.

Saat ini, Android 13 baru digulirkan untuk ponsel bikinan Google sendiri, yaitu Pixel Phone. Untuk itu, timeline peluncuran ColorOS 13 ini masih berbasis Android 13 versi beta, bukan stabil.

Menurut keterangan Oppo, Reno 8 Series yang baru dirilis di Indonesia bakal kebagian ColorOS 13 mulai bulan September 2022, dimulai dengan perangkat Oppo Reno 8 Pro 5G.

"Setelah itu disusul dengan Reno 8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022," tulis Oppo.

Oppo kemudian akan terus menggulirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/19/11440087/oppo-coloros-13-resmi-meluncur-ini-fitur-barunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke