Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

S Pen Z Fold 3 Bisa Dipakai di Samsung Z Fold 4, Galaxy S22 Ultra Juga?

NEW YORK, KOMPAS.com - Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 4 dibekali dukungan aksesori pena digital (stylus) khas Samsung yang bernama S Pen.

Seperti diketahui, dukungan S Pen juga hadir di pendahulu ponsel lipat teranyar Samsung ini, yaitu Galaxy Z Fold 3. Berbeda dari seri Galaxy Note, S Pen di seri Galaxy Z Fold tidak memiliki kompartemen (slot) terintegrasi untuk menyimpan S Pen.

Satu hal yang membuat penggemar Samsung penasaran adalah, apakah S Pen di Galaxy Z Fold 3 bisa digunakan di Samsung Z Fold 4?

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN) Verry Octavianus mengatakan bahwa hal itu sangat bisa dilakukan.

"Pengguna Galaxy Z Fold 4 bisa menggunakan S Pen Galaxy Z Fold 3 tanpa ada pengurangan fitur. Selain itu, dukungan latency S Pen Galaxy Z Fold 4 juga sama dengan pendahulunya, yaitu 3,3 ms," jelas Verry kepada KompasTekno di sela acara "Galaxy Unpacked" di New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Selain S Pen khusus Galaxy Z Fold Series (Fold Edition), Galaxy Z Fold 4, juga mendukung S Pen varian "Pro" yang memiliki form factor lebih panjang.

Tidak bisa menggunakan S Pen Galaxy S22 Ultra

Meski demikian, Verry menegaskan bahwa pengguna Samsung Z Fold 4 tidak bisa memakai S Pen yang dijual bersama Galaxy S22 Ultra. Sebab, S Pen tersebut memiliki beberapa fitur khusus yang dirancang untuk Galaxy S22 Ultra.

"Galaxy Z Fold 4 tidak bisa menggunakan S Pen Galaxy S22 Ultra karena aksesori tersebut memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Airdrop dan lain sebagainya," ujar Verry.

"Selain itu, layar Galaxy Z Fold 4 juga tidak bisa menerima input dari S Pen Galaxy S22 Ultra, karena sejatinya memiliki sistem layar yang berbeda," imbuh Verry.

Kendati mendukung S Pen, aksesori tersebut sejatinya tak bisa didapatkan bersama dengan kotak penjualan Galaxy Z Fold 4. Artinya, konsumen harus membelinya secara terpisah apabila ingin mengandalkan berbagai fitur dari S Pen.

Verry tidak menjelaskan harga berikut ketersediaan S Pen untuk Galaxy Z Fold 4 yang dijual terpisah tersebut. Namun pantauan KompasTekno di situs Samsung.com, pengguna bisa menambahkan paket "Galaxy Z Fold 4 Note Package" ketika melakukan pemesanan Samsung Z Fold 4.

Paket tersebut bernilai Rp 1,2 juta dan di dalamnya, Anda akan mendapatkan S Pen, pembungkus (casing) yang sudah dilengkapi dengan kompartemen S Pen, serta Super Fast Charging Travel Adaptor 25W.

Adapun banderol Galaxy Z Fold 4 sendiri dipatok di angka termurah Rp 25 juta untuk varian 12 GB/256 GB. Untuk melihat spesifikasi dan harga Samsung Z Fold 4, bisa menyimak artikel "Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Fold 4 di Indonesia".

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/21/19010017/s-pen-z-fold-3-bisa-dipakai-di-samsung-z-fold-4-galaxy-s22-ultra-juga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke