Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa WhatsApp Muncul Tulisan “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam”?

KOMPAS.com- Dalam kondisi tertentu, pengguna WhatsApp mungkin bakal menjumpai tulisan ini di akun miliknya “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”. Saat tulisan itu muncul, layanan WhatsApp bakal tak bisa diakses.

Contoh masalah di WhatsApp dengan tulisan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” sempat dibagikan di akun base Twitter dengan handle @tanyakanrl, sebagaimana tertera di bawah ini.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman resmi FAQ WhatsApp.

Penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp

Penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp adalah pengguna disinyalir telah melanggar ketentuan layanan WhatsApp. Misalnya, pengguna terlibat dengan aktivitas yang melibatkan spam, penipuan, atau membahayakan keamanan pengguna WhatsApp.

Bila melihat contoh kasus yang dibagikan di Twitter tersebut, kemungkinan besar adanya tulisan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” disebabkan karena pengguna dinilai telah terlibat dengan aktivitas yang melibatkan spam.

Pada ketentuan layanan WhatsApp, pengguna sejatinya dilarang untuk melakukan bentuk komunikasi yang ilegal, seperti mengirim pesan secara massal (spam), pengiriman pesan otomatis, dan sejenisnya.

Jika ditemukan aktivitas yang melanggar ketentuan tersebut, WhatsApp bakal melakukan pemblokiran akun. Dengan demikian, adanya tulisan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” menjadi tanda bahwa akun WhatsApp diblokir.

Seandainya akun WhatsApp diblokir, padahal tidak merasa melakukan pelanggaran ketentuan layanan, lantas apa yang harus dilakukan?

Pengguna bisa klik opsi “Minta Tinjauan” saat tulisan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” muncul di layar aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, pengguna bakal bisa mengirim semacam pernyataan keberatan untuk ditinjau lagi oleh WhatsApp.

Demikianlah penjelasan seputar penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp, yang bisa terjadi akibat melanggar ketentuan layanan, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/24/18150027/kenapa-whatsapp-muncul-tulisan-akun-ini-tidak-diizinkan-menggunakan-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke