Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan iPhone 14 dan Apple Watch 8 Rilis?

Acara ini merupakan hajatan pertama Apple yang digelar secara offline di dalam ruangan tertutup untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, konferensi pengembang (WWDC) yang dihelat bulan Juni lalu saja digelar di luar ruangan.

Menilik tradisi perusahaan, Apple biasanya meluncurkan sejumlah produk baru dalam ajang Apple Event, termasuk iPhone generasi baru sebagai produk utama hingga smartwatch.

Dalam Apple Event yang digelar September nanti, iPhone baru yang diprediksi bakal diluncurkan perusahaan adalah iPhone 14 series. Tak hanya iPhone 14, Apple juga diprediksi akan menghadirkan arloji pintar baru yang konon disebut Apple Watch Series 8.

Apple sendiri memang tidak pernah memberikan bocoran apapun terkait produk yang bakal dirilis perusahaan. Meski demikian, beberapa bocoran yang beredar di internet, bisa menjadi gambaran.

iPhone 14 series

Perubahan terbesar dari iPhone 14 dibanding iPhone generasi sebelumnya yaitu soal ukuran ponsel. iPhone 14 kabarnya akan hadir dalam empat model seperti pendahulunya, namun iPhone 14 tak akan dilengkapi model "mini".

Sebagai gantinya, Apple menetapkan dua ukuran baik untuk varian "reguler" maupun varian Pro. Keempat model tersebut terdiri dari iPhone 14 (6,1 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci), iPhone 14 Max (6,7 inci), dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Menurut analis yang dikenal dengan bocoran terkait produk Apple, Ming-Chi Kuo, iPhone 14 Pro akan menggunakan layar berlubang untuk mengakomodir kamera depan perangkat.

Lubang layarnya juga akan berbeda dibanding ponsel lainnya karena selain menunjang kamera depan, komponen itu juga bertugas mengakomodir sensor Face ID.

Hal tersebut menjadi perubahan besar pada aspek desain iPhone 14 dibanding pendahulunya.

Meski demikian, iPhone 14 reguler yang meliputi iPhone 14 dan iPhone 14 Max kabarnya masih akan dikemas dengan layar berponi. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, perubahan desain iPhone yang lebih signifikan kabarnya akan dijumpai pada tahun 2023.

Peningkatan lainnya kabarnya diterapkan Apple pada aspek kamera. Baik Kuo maupun Gurman berkata iPhone 14 Pro akan dilengkapi kamera belakang 48 MP, lebih besar dibanding iPhone 14 yang kemungkinan dibekali kamera 12 MP.

Khusus model Pro, dapur pacunya akan ditenagai oleh chipset baru bertajuk A16. Lain dengan model standar/reguler yang akan ditenagai chip A15. Dirangkum KompasTekno dari Mashable, Jumat (26/8/2022), peningkatan lainnya yang akan diterapkan Apple kabarnya adalah soal lensa telefoto serta peningkatan baterai untuk model Pro.

Soal harganya, Apple memang belum memberikan bocoran sama sekali. Namun menurut Kuo, harga iPhone 14 Pro akan naik sekitar 15 persen dibanding iPhone 13 Pro yang saat itu dibanderol seharga 1.000 dollar AS.

Apple Watch Series 8

Menurut Mark Gurman, Apple Watch Series 8 akan hadir dalam tiga model. Model pertama yaitu Apple Watch Series 8 "reguler" memiliki ukuran 41 mm dan 45 mm.

Perangkat ini akan ditenagai oleh chip S8 yang kabarnya akan dilengkapi sensor suhu tubuh yang berguna untuk melacak kesehatan pengguna, termasuk untuk fitur khusus kesehatan wanita.

Model ini menurut Gurman akan dibanderol sekitar 400 dollar AS (Rp 5,9 juta).

Selain model reguler, Apple juga kemungkinan menghadirkan Apple Watch SE di Apple Event nanti. Perangkat ini akan menjadi suksesor dari Watch SE daat ini.

Rumor yang beredar menyebutkan, arloji pintar ini akan ditenagai oleh chip S8 yang mampu meningkatkan kinerja perangkat. Namun menurut Gurman, model SE tidak akan dilengkapi dengan sensor suhu tubuh.

Adapun harga Apple Watch SE diprediksi sekitar 280 dollar AS (Rp 4,1 juta).

Model ketiga dari Apple Watch Series konon adalah Apple Watch Pro yang ditujukan untuk pengguna yang gemar beraktivitas di luar ruangan.

Karena ditujukan untuk pengguna kalangan tersebut, perangkat ini akan dibekali kemampuan pelacakan kesehatan yang lebih lengkap, tampilan yang lebih besar serta casing titanium.

Selain itu, Apple Watch Pro diprediksi akan membawa daya tahan baterai yang lebih lama, serta fitur pelacakan ketika pengguna mendaki hingga berenang. Gurman berkata perangkat ini kemungkinan dijual seharga 900 - 1.000 dollar AS atau setara Rp 13,3 juta - Rp 14,8 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/26/15030037/kapan-iphone-14-dan-apple-watch-8-rilis-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke