Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Screenshot Instagram Bisa Ketahuan?

Ada kalanya, pengguna ingin mengambil tangkapan layar alias screenshot (SS) dari foto atau video yang dibagikan pengguna lain.

Misalnya, pengguna mungkin ingin mengambil screenshot Instagram Stories teman yang berisi ucapa ulang tahun untuk Anda. Atau screenshot resep yang diposting seseorang sehingga Anda bisa membuatnya nanti.

Nah, yang menjadi banyak pertanyaan pengguna, apakah screenshot Instagram bisa ketahuan? Benarkah pemilik konten akan mendapat notifikasi apabila ada orang lain mengambil screenshot kontennya?

Ambil screenshot di IG Story, feed, dan Reels tidak ketahuan

Sepengalaman KompasTekno, mengambil screenshot Instagram Stories, baik umum maupun yang ditujukan untuk teman dekat (close friends), tidak akan disertai dengan notifikasi. Begitu pula ketika pengguna mengambil tangkapan layar pada postingan Reels dan feed.

Pemilik postingan tidak akan menerima notifikasi bahwa seseorang telah mengambil tangkapan layar dari Instagram Story, feed, maupun Reels miliknya. Dengan kata lain, pengguna bisa men-screenshot postingan orang lain tanpa diketahui empunya foto/video.

Hal ini diperkuat dengan laporan outlet media Business Insider. Menurut Insider, saat ini, Instagram tidak memberikan notifikasi kepada pengguna bila ada orang yang men-screenshot Instagram Story miliknya. Dulu, Instagram memang sempat menerapkan kebijakan tersebut, sebelum akhirnya dihapuskan.

Meski sudah tak berlaku, ada kemungkinan bahwa kebijakan notifikasi screenshot Instagram dapat berubah seiring berjalannya waktu. Jadi, ada baiknya untuk memeriksa ulang sebelum mengambil tangkapan layar.

Ambil screenshot foto atau video di DM bisa ketahuan

Bila IG Story, feed, dan Reels tidak ada notifikasi screenshot, berbeda cerita dengan direct message (DM) Insatagram.

Di DM Instagram, pengguna bisa melakukan percakapan serta berkirim foto dan video. Pengguna bisa mengirim foto/video lewat kamera Instagram bawaan, yang letaknya di pojok kiri bawah layar DM Instagram.

Nah, pengguna bakal menerima notifikasi bila foto/video yang dikirimkan dengan opsi "View once" di-screenshot oleh si penerima.

Sepengalaman KompasTekno, notifikasi screenshot tersebut berbunyi, misalnya, "('...'nama akun pengambil screenshot) took a screenshot of the photo you sent" ('...' mengambil tangkapan layar dari foto yang Anda kirim), seperti gambar di samping atas.

Selebihnya, percakapan di DM Instagram atau foto/video yang dikirimkan tidak dengan opsi "View once", bisa di-screenshot dengan bebas oleh pengguna Instagram, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Kamis (25/8/2022).

Meski bebas di-screenshot, pengguna harus tetap bijak ketika mengambil screenshot postingan orang lain. Apalagi bila ingin membagikan atau menyebarkannya kembali, pastikan sudah mendapatkan izin dari pemilik postingan aslinya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/26/16300067/benarkah-screenshot-instagram-bisa-ketahuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke