BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Salin Artikel

Kupas 5 Keunggulan Oppo Reno8 5G, Ponsel Mid-Range Rasa Flagship

KOMPAS.com – Oppo resmi membuka penjualan perdana Reno8 Series ke pasar Indonesia, Jumat (26/8/2022). Dua Series yang diluncurkan adalah Oppo Reno8 5G dan Oppo Reno8 yang masing-masing dibanderol Rp 4,9 juta dan Rp 7,9 juta.

Dengan banderol harga tersebut, Oppo ikut menyasar pengguna ponsel kelas mid-range sebagai pangsa pasar terbesar di Tanah Air. Berdasarkan data dari IDC WorldWide Quarterly Mobile Phone Tracker 2021, seperti yang ditulis Kompas.com, Selasa (31/5/2022), ponsel kelas mid-range dan low end masih menguasai 75 persen pangsa pasar di Indonesia.

Meski hadir dengan harga terjangkau, spesifikasi ponsel teranyar itu disebut tak kalah dengan smartphone kelas flagship, khususnya pada Oppo Reno8 5G.

Oppo melakukan beragam pembaruan dan meng-upgrade beberapa fitur yang telah jadi andalannya. Dengan kata lain, Oppo memberikan standar baru bagi ponsel mid-range berkat spesifikasi yang dibangun pada Oppo Reno8 5G.

Pantauan Kompas.com, sedikitnya ada lima keunggulan Oppo Reno8 5G yang membuatnya seperti ponsel kelas flagship. Simak penjelasan berikut.

Adapun tiga kamera belakang Oppo Reno8 5G meliputi kamera 50 megapiksel (MP), kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2 MP. Dengan sensor Sony IMX766 berukuran 1/1.56 inchi, pengguna bisa mengambil foto dan video lebih jelas meski berada pada kondisi cahaya redup atau malam hari.

Pasalnya, sensor tersebut mampu menangkap 63,8 persen cahaya sekitar obyek foto. Hasil foto Oppo Reno8 5G juga dijamin akan lebih tajam berkat DOL-HDR yang ditambahkan pada kamera belakang.

Sementara, sensor Sony IMX709 RGBW pada kamera depan dengan piksel putih mampu membuat kamera ponsel menangkap spektrum lebih baik dan sensitif dalam menangkap cahaya.

Dikombinasikan dengan teknologi milik Oppo, Quadra Binning Algorithm, kamera depan Oppo Reno8 5G mampu mengurangi noise hingga 35 persen daripada sensor RGGB standar.

Oppo memang mengembangkan sensor tersebut secara khusus agar kamera ponselnya dapat meningkatkan tangkapan cahaya tanpa mengurangi informasi warna. Dengan seluruh kemampuan itu, Oppo Reno8 5G siap dipakai untuk mengabadikan momen dalam kondisi apa pun.

Kedua, fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video untuk megoptimalkan performa. Kehadiran dua fitur ini membuat kamera ponsel secara otomatis mampu mendeteksi cahaya. Dengan begini, hasil rekaman video akan jauh lebih jernih.

Tak hanya itu, algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan dan pengurangan noise dapat dilakukan pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel pada fitur Night Portrait. Ini membuat pengguna jadi semakin puas karena video yang dihasilkan bersih, sekalipun perekaman diambil dalam kondisi minim cahaya. 

Oppo Reno8 5G juga dilengkapi dengan AI Portrait Retouching yang berkemampuan mendeteksi 193 titik pengenalan wajah. Oppo menambahkan AI berbasis algoritma pada kamera depan untuk merekam video dan selfie, serta group- selfie (groupfie) yang lebih jelas.

Ketiga, Oppo Reno8 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 1300 5G (6nm) untuk menghadirkan kinerja ponsel yang lebih baik. Prosesor octa-core itu terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 3GHz, triple-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 2,66 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2 GHz.

Prosesor dengan kecepatan hingga 2GHz itu dipadukan dengan random access memory (RAM) 8 gigabita (GB) serta penyimpanan media 256 GB. Bahkan, pengguna bisa menambahkan kapasitas RAM hingga 5 GB.

Kombinasi mesin berdaya komputasi terbaik serta kapasitas RAM yang besar membuat Oppo Reno8 5G sanggup diajak multitasking tanpa hambatan.

Keempat, Oppo Reno8 5G didukung daya baterai 4.500 mAh di samping teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 80 watt. Dengan prosesor yang “galak” serta fitur kamera yang dimaksimalkan, kinerja Oppo Reno8 5G jadi semakin mantap berkat daya baterai besar berteknologi SuperVOOC. Teknologi ini membuat pengguna hanya perlu 12 menit untuk mengisi daya ponsel dari nol hingga 50 persen.

Bahkan, dengan 5 menit pengisian daya, Anda bisa menggunakan ponsel ini untuk bermain 2 jam tanpa henti.

Kelima, Oppo Reno8 5G menggunakan desain unibody streamlined yang memberikan kesan seamless. Dengan ketebalan bodi hanya sekitar 7,67 milimeter (mm), ponsel seberat 179 gram ini jadi nyaman untuk digenggam seharian.

Selain itu, interior Oppo Reno8 5G turut dibungkus dengan desain yang elegan khas ponsel flagship. Permukaan body yang mulus dengan pilihan warna Shimmer Gold dan Shimmer Black berefek gradien juga memberikan kesan mewah dan berkelas pada ponsel tersebut.

Finishing Oppo Reno8 5G pun menggunakan desain Oppo Glow sehingga ponsel yang digunakan akan bebas dari bekas sidik jari.

Untuk urusan layar, Oppo Reno8 5G menggunakan teknologi AMOLED Display berukuran 6.4 inchi yang mampu menghadirkan 90Hz refresh rate sehingga pergerakan layar lebih mulus dengan touch sampling rate 180 Hz dan brightness maksimum 800 nit. Layarnya juga dibenamkan SGS Eye Care Display untuk mengurangi emisi cahaya biru bagi pengguna.

Itulah lima keunggulan Oppo Reno8 5G. Memakai ponsel ini, Anda akan mendapatkan pengalaman selayaknya menggunakan smartphone kelas flagship.

Sebagai informasi, kedua seri Oppo Reno8 dapat dipesan secara daring di e-commerce, toko luring resmi Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia. Saat ini, Oppo memberikan penawaran eksklusif bagi Anda yang ingin membelinya.

Pengguna Oppo Reno8 Series bisa menerima keuntungan lebih banyak dari aplikasi My OPPO hingga 7.000 poin.

Poin yang didapatkan pengguna dapat ditukar dengan voucer belanja di Toys Kingdom dan gratis Playdoh Sand EZ Strech senilai Rp 129.000, dua lusin donat Krispy Kreme dengan harga Rp 100.000, serta gratis cookies atau ice cream di Doughlab.

Tak hanya itu, pengguna Oppo Reno8 Series juga berkesempatan untuk mendapatkan voucer Ruangguru dengan potongan hingga 60 persen Paket Ruangbelajar selama satu tahun, voucer belanja senilai Rp 20.000 di Chatime, dan voucer belanja senilai Rp 50.000 di Kenangan Group.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/29/18290057/kupas-5-keunggulan-oppo-reno8-5g-ponsel-mid-range-rasa-flagship

Bagikan artikel ini melalui
Oke