Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vivo Y16 4G Meluncur dengan Baterai 5.000 mAh, Ini Spesifikasinya

KOMPAS.com - Vivo kembali meluncurkan smartphone terbaru dari keluarga Y-Series. Ponsel tersebut adalah Vivo Y16 4G dan baru saja diumumkan di pasar China pekan ini.

Secara desain, ponsel ini identik dengan Vivo Y35 4G yang meluncur di Indonesia beberapa pekan lalu. Sebab, Vivo Y16 4G memiliki desain bingkai yang rata (flat) bak ponsel-ponsel kekinian. 

Selain itu, desain kamera belakang juga mirip, lantaran mengadopsi modul berbentuk persegi yang memuat dua kamera belakang berukuran cukup besar. Kedua kamera yang masing-masing beresolusi 13 MP dan 2 MP itu, disusun secara vertikal.

Beralih ke bagian depan, Vivo Y16 4G mengusung layar berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD Plus.

Layar yang memiliki bezel cukup tebal di bagian bawah ini dihiasi dengan notch alias "poni" konvensional berbentuk waterdrop, yang memuat kamera selfie beresolusi 5 MP.

Pada sektor hardware, Vivo Y16 4G ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P35 yang dipadukan dengan RAM hingga 4 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB.

Sedangkan pada aspek software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dilapisi dengan tampilan antarmuka (UI) Funtouch OS12.

Di segi baterai, Vivo Y16 4G ditopang dengan baterai yang cukup besar di kelasnya, yaitu dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini bisa diisi dayanya melalui konektor USB-C dengan daya 10 watt.

Fitur pendukung lainnya di ponsel terbaru Vivo ini mencakup dual-band WiFi, Bluetooth 5.0, hingga dukungan kartu microSD dengan kapasitas mencapai 1 TB, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (30/8/2022).

Ada pula fitur RAM Expansion yang bisa "meminjam" sedikit porsi pada media penyimpanan untuk "menambah" besar RAM hingga 1 GB, serta sensor pemindai sidik jari (fingerprint scanner) yang sudah dibenamkan dengan tombol power.

Sudah bisa dipesan di Indonesia

Meski diumumkan di China, Vivo Y16 4G ternyata sudah meluncur di Indonesia secara diam-diam di situs Vivo.com berbahasa Indonesia.

Pantauan KompasTekno di situs tersebut, ponsel terbaru Vivo yang memiliki dimensi 163,95 x 75,55 x 8,19 mm dan bobot 183 gram ini hadir dalam varian Stellar Black dan Drizzling Gold.

Harga Vivo Y16 4G dipatok Rp 1,8 juta untuk varian 3 GB/32 GB. Belum diketahui apakah varian dengan RAM 4 GB dan storage 128 GB, seperti versi China yang disebutkan di atas, bakal turut dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Yang jelas, konsumen yang membeli Vivo Y16 4G dalam periode pemesanan (pre-order) bakal mendapatkan aksesori pendukung berupa Earphone Vivo XE 160 secara cuma-cuma.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/30/07000017/vivo-y16-4g-meluncur-dengan-baterai-5.000-mah-ini-spesifikasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke