Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone 14 Akan Rilis Sebentar Lagi, Ini 4 Hal yang Paling Dinanti

KOMPAS.com - Apple dipastikan menggelar acara bertajuk Apple Event pada 7 September. Dalam ajang ini, Apple biasanya meluncurkan berbagai produk baru termasuk iPhone generasi baru yang konon disebut iPhone 14 series.

Ponsel itu akan menjadi suksesor dari iPhone 13 series yang dirilis perusahaan pada tahun lalu. Apple sendiri tidak memberikan bocoran apapun terkait iPhone 14, akan tetapi berbagai pembocor gadget membagikan temuan mereka terkait spesifikasi hingga desain iPhone 14.

Di antara bocoran yang paling santer terdengar yaitu absennya iPhone versi "mini" hingga layar punch hole iPhone 14, alih-alih poni layar seperti iPhone sebelumnya. Selain itu, masih ada beberapa bocoran yang menunjukkan peningkatan iPhone 14.

Berikut adalah beberapa hal, termasuk fitur iPhone 14 yang cukup banyak dinantikan Apple Fanboy (sebutan penggemar produk Apple).

iPhone 14 akan rilis tanpa model mini

Tahun 2020 lalu, Apple memperkenalkan model "mini" lewat lini iPhone 12. Seperti namanya, iPhone 12 mini dirancang dengan layar yang kecil. Kabarnya, Apple akan memensiunkan model mini di iPhone 14 nanti.

Dengan absennya varian mini pada iPhone 14 series, iPhone 14 akan hadir dengan layar 6,1 inci, begitu pula dengan iPhone 14 Pro. Ukuran ini lebih besar dibanding iPhone mini yang biasanya hadir dengan layar 5 inci lebih kecil.

Adapun model iPhone 14 Max dan iPhone 14 Pro Max konon akan dibekali layar 6,7 inci.

Jika bocoran ini sesuai, maka pengguna yang ingin iPhone dengan layar mungil dapat memilih iPhone SE 3, iPhone 13 mini, atau iPhone 12 mini.

Layar punch hole iPhone 14 untuk pertama kalinya

Selain bentang layarnya yang berbeda, gaya layar iPhone 14 juga rumornya akan dibuat berbeda. Duo iPhone 14 "reguler" akan dihias dengan poni layar, lain dengan duo iPhone 14 Pro yang kabarnya akan mengusung layar berlubang alias punch hole.

Jika rumor ini benar, maka iPhone 14 Pro akan menjadi model iPhone pertama sepanjang sejarah yang mengadopsi desain punch hole. Selama ini, desain layar punch hole sudah jamak di ponsel Android. 

Selama beberapa tahun, Apple konsisten menggunakan layar poni, yakni bilah memanjang di dahi layar sebagai rumah kamera depan dan Face ID. Desain ini diperkenalkan Apple pertama kalinya lewat iPhone X yang rilis tahun 2017 lalu.

Sayangnya, lubang layar tersebut hanya bakal diadopsi untuk iPhone 14 Pro saja, sementara model reguler masih mempertahankan poni layar yang sama seperti iPhone 13.

Analis Ross Young meyakini konsep ini akan diadopsi Apple hingga tahun 2023. Dengan kata lain, iPhone dengan layar berlubang pada model reguler kemungkinan hadir pada tahun 2024.

Chipset A16 untuk model "Pro"

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max disebut akan ditenagai chip baru yakni A16 Bionic. Akan tetapi, model lainnya konon akan tetap ditenagai chipset lawas, A15 Bionic.

Hal itu pernah dikatakan oleh Ming-Chi Kuo, analis yang dikenal kerap memberikan bocoran produk Apple. Chip A15 Bionic merupakan chip yang sama seperti iPhone 13 yang dirilis tahun lalu.

Chip A15 konon akan menyokong iPhone 14 reguler dan iPhone 14 Max, dipadukan dengan RAM 6 GB meningkat dari sebelumnya 4 GB. Belum diketahui apakah Apple akan memberikan peningkatan pada aspek chipsetnya meskipun menggunakan chip tahun lalu.

Kamera 48 MP

Selain pada aspek desain dan chipset, Apple juga akan meningkatkan sensor kamera khususnya untuk model Pro. Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (29/8/2022), Ming-Chi Kuo dan Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan iPhone 14 Pro akan memiliki sensor wide 48 MP.

Sayangnya model reguler kabarnya masih akan dilengkapi resolusi kamera 12 MP seperti pendahulunya.

Juni lalu, Kuo berkata iPhone 14 juga akan membawa peningkatan pada kamera depannya. Kuo memprediksi kamera depan baru iPhone 14 akan dilengkapi autofokus yang lebih baik untuk foto maupun video, dibanding kamera iPhone saat ini.

Selain itu, bukaan lensanya juga akan dibuat lebih besar, mencapai f/1.9.

Peningkatan lainnya selain keempat poin di atas yaitu adanya fitur komunikasi satelit untuk keempat model iPhone 14.

Fitur ini sendiri sudah dirumorkan sebelum iPhone 13 dirilis, meski akhirnya belum diimplementasikan pada ponsel tersebut. Untuk itu, fitur tersebut diprediksi bakal melengkapi iPhone 14 series yang diduga kuat bakal meluncur 7 September nanti.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/30/09000077/iphone-14-akan-rilis-sebentar-lagi-ini-4-hal-yang-paling-dinanti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke