Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Solusi Layanan 5G Dipamerkan di DEWG G20 di Bali

Melalui showcase 5G, Telkomsel menghadirkan empat use case yang di antaranya Cloud Gaming, Augmented Reality (AR) Industry, Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) Robot.

Pada use case Cloud Gaming, seluruh peserta delegasi mendapat pengalaman menjajal keseruan bermain berbagai jenis game online terbaru menggunakan smartphone dan gamepad dengan dukungan konektivitas andal dan lancar dari Telkomsel.

Kemudian use case AR Industry akan memberikan pengalaman kepada peserta dalam mengikuti pelatihan menggunakan engine virtual yang berkaitan dengan kebutuhan industrial, seperti pelatihan panel listrik, mesin motor maupun genset.

Lalu pengunjung dapat menikmati pengalaman imersif pada use case VR seperti bermain game, berwisata virtual menggunakan video 360 derajat, hingga VR edukasi mengenai anatomi manusia dan engineering berupa mobil dan motor balap.

Sementara itu, keunggulan use case AI Robot akan dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh pihak saat mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Johnny G. Plate dalam menyampaikan sambutan, memberikan hiburan, hingga berinteraksi bersama Menkominfo pada sesi pembukaan booth ITF.

"Kami memandang showcase 5G ini bagian penting yang harus dioptimalkan dalam menggambarkan bagaimana kesiapan kapabilitas digital yang dimiliki Indonesia," kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (31/8/2022).

Selain itu, Nugroho juga mengatakan showcase 5G ini sejalan dengan tiga isu prioritas DEWG G20, yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca-pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

Melalui showcase 5G ini Telkomsel juga ingin  meningkatkan kepercayaan global, khususnya negara-negara anggota G20 untuk menjalin kerja sama yang holistis di berbagai sektor, serta meningkatkan nilai investasi yang lebih besar.

"Sehingga mendukung Indonesia untuk menjadi pusat investasi ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara di masa depan," kata Nugroho.

Telkomsel sendiri telah melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali.

Hal tersebut dilakukan guna menghadirkan akses jaringan broadband dan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan hingga puncak kegiatan G20 di Bali pada November 2022.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/31/08150097/4-solusi-layanan-5g-dipamerkan-di-dewg-g20-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke