Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Facebook Gaming Disetop Oktober 2022

Informasi mengenai penutupan Facebook Gaming disampaikan Meta melalui sebuah pengumuman yang tertera di halaman utama aplikasi.

"Mulai 28 Oktober 2022, aplikasi Facebook Gaming untuk iOS dan Android tak lagi akan tersedia," tulis Meta.

Tidak disebutkan secara pasti penyebab utama Meta menyetop layanan aplikasi Facebook Gaming.

Meta menjelaskan pengguna masih dapat mengakses grup, menyaksikan live streaming, serta menjumpai konten terkait game melalui layanan "Gaming" yang tersedia pada aplikasi utama Facebook.

"Kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anda atas semua yang telah Anda lakukan untuk membangun kominitas bagi para gamer dan penggemar sejak aplikasi diluncurkan. Ini benar-benar upaya yang dipimpin komunitas untuk menunjang fitur game baru ke Facebook," tulis Meta.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (31/8/2022), Facebook Gaming meluncur secara perdana pada April 2020 lalu.

Mulanya, Facebook Gaming merupakan bagian dari aplikasi utama Facebook, hingga akhirnya diluncurkan menjadi aplikasi terpisah (standalone).

Aplikasi ini ditujukan untuk menjadi wadah gamer yang ingin menonton streamer favorit mereka, bermain game, dan ikut serta dalam grup game.

Pada debut pertamanya, Facebook Gaming mengalami sejumlah masalah lantaran Apple kerap kali menolak aplikasi untuk membagikan konten terkait game kasual.

Selain Facebook Gaming, Meta juga telah mengumumkan penutupan untuk sederet layanan lainnya.

Salah satu di antaraya seperti ditutupnya layanan berbelanja "Live Shopping" mulai 1 Oktober mendatang.

Live Shopping adalah fitur siaran langsung yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas jual beli secara live di Facebook.

Namun mulai 1 Oktober mendatang, pengguna tidak dapat lagi menyelenggarakan acara belanja langsung baru atau terjadwal di Facebook.

Super jadi pengganti?

Meta sendiri baru-baru ini juga dikabarkan tengah menguji coba sebuah platform baru bernama "Super".

Platform ini mirip dengan Twitch yang memungkinkan kreator konten untuk melakukan tayangan live streaming. Selain dapat digunakan untuk melakukan tayangan live, platform Super juga menyediakan sejumlah fitur monetisasi.

Cara monetisasi konten di Super, akan mirip dengan cara kerja Twitch. Penonton akan dapat berlangganan, memberikan donasi atau tips secara langsung kepada kreator, serta dapat membayar untuk sejumlah fitur tambahan.

Super nantinya akan menjadi platform yang terpisah dari layanan lain yang berada di bawah naungan Meta seperti Facebook dan Instagram.

https://tekno.kompas.com/read/2022/08/31/20000007/aplikasi-facebook-gaming-disetop-oktober-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke