Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microsoft Temukan "Bug" Berbahaya di TikTok versi Android

Menurut mereka, bug yang ditemukan pada Februari 2022 di aplikasi TikTok Android versi 23.7.3 ke bawah ini bisa digunakan oleh peretas (hacker) untuk mengambil alih akun TikTok pengguna.

Jika sudah diambil alih, maka hacker tersebut bisa melakukan beragam hal melalui akun TikTok target.

Di antaranya seperti mengunggah video, mengganti video private menjadi public, mengirimkan pesan ke akun TikTok lain, melihat dan mengubah profil pengguna, dan masih banyak lagi.

Untuk membajak akun TikTok incaran, hacker memanfaatkan bug temuan Microsoft tersebut dengan membuat sebuah tautan (link) yang ditampilkan di dalam aplikasi.

Apabila diklik pemilik akun, tautan tersebut otomatis bakal dibuka di dalam peramban (browser) yang ada di dalam aplikasi TikTok, dan kemudian mengaktifkan serangkaian kode "JavaScript" untuk memberikan akses akun kepada hacker.

Selain itu, link tersebut juga bisa digunakan mereka untuk mendapatkan informasi kredensial pengguna yang bisa dipakai untuk masuk ke akun TikTok.

Meski terlihat berbahaya, Microsoft mengatakan bahwa kemungkinan besar tak ada korban yang menjadi target dari eksploitasi bug TikTok oleh hacker ini.

Sebab, mereka menyebut bug ini harus digabungkan dengan beberapa bug lain supaya bisa berjalan dengan lancar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Kamis (1/9/2022).

Di samping itu, Microsoft juga sudah menyampaikan hal ini pada TikTok pada Februari 2022 lalu. Sekitar satu bulan setelahnya, Microsoft menyatakan bahwa pihak TikTok sudah memperbaiki bug tersebut.

Kendati sudah diperbaiki, ada baiknya pengguna TikTok versi Android memperbarui aplikasi mereka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Aplikasi tersebut bisa diperbarui dengan mengunjungi Play Store dan mengetikkan kata kunci "TikTok" atau mengeklik tautan berikut ini.

Tidak dijelaskan apakah bug ini turut melanda aplikasi TikTok versi ringan alias "Lite" dan aplikasi TikTok versi iOS atau tidak.

Namun, tak ada salahnya pengguna TikTok di versi manapun selalu memperbarui aplikasi video pendek ini agar tetap bebas dari beragam masalah yang mungkin saja muncul.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/01/07450037/microsoft-temukan-bug-berbahaya-di-tiktok-versi-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke