Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mengatasi AirDrop Tidak Bisa Menerima Data di iPhone, iPad, dan Macbook

KOMPAS.com - Salah satu masalah yang umum dijumpai pengguna perangkat Apple (iPad, iPhone, atau Macbook) adalah AirDrop tidak bisa menerima data. Lantas, kenapa AirDrop tidak bisa menerima data di iPhone, Macbook, atau iPad?

Sebagaimana telah cukup banyak diketahui, AirDrop merupakan fitur berbagi file khusus untuk antar perangkat Apple saja, misal dari iPhone ke Macbook, iPhone ke iPad, iPad ke Macbook, dan begitu sebaliknya.

Penyebab AirDrop tidak bisa menerima data di perangkat Apple dapat timbul lantaran koneksi WiFi dan Bluetooth dinonaktifkan. Perlu diketahui, berbagi data via AirDrop pada dasarnya bisa berjalan saat koneksi WiFi dan Bluetooth aktif.

Selain itu, penyebab AirDrop tidak bisa menerima data uga dapat dikarenakan terdapat kesalahan pengaturan visibilitasnya. Saat visibilitas AirDrop dinonaktifkan, perangkat Apple pengguna tak akan terdeteksi di perangkat Apple milik pengguna lain.

Alhasil, pengguna tak akan bisa menerima data yang dikirim via AirDrop. Dengan penyebab itu, lantas bagaimana cara mengatasi AirDrop tidak bisa menerima data? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi AirDrop tidak bisa menerima data.

Cara mengatasi AirDrop tidak bisa menerima data

1. Pastikan koneksi WiFi dan Bluetooth telah aktif

  • Di iPhone dan iPad, silakan buka menu pengaturan cepat atau Pusat Kontrol dengan mengusap ujung layar atas ke bawah. Setelah Pusat Kontrol terbuka, pastikan ikon WiFi dan Bluetooth berada dalam kondisi aktif atau nyala.
  • Di Macbook, silakan lihat ikon Bluetooth dan WiFi yang biasanya terdapat di bar bagian atas layar “home”. Bila muncul, artinya koneksi Bluetooth dan WiFi di Macbook telah aktif.

2. Dekatkan perangkat Apple saat berbagi data via AirDrop

Saat memulai berbagi data, pastikan dua perangkat Apple dalam jarak yang berdekatan. Koneksi WiFi dan Bluetooth perangkat Apple idealnya dapat beroperasi hingga jarak maksimal kira-kira 10 meter tanpa ada penghalang.

Cukup mudah bukan untuk mengatasi AirDrop tidak bisa menerima data? Demikianlah penjelasan seputar cara mengatasi AirDrop tidak bisa menerima data di iPhone, iPad, dan Macbook, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/01/14150067/3-cara-mengatasi-airdrop-tidak-bisa-menerima-data-di-iphone-ipad-dan-macbook

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke