Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Penyebab serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Update WhatsApp di Android dan iOS

KOMPAS.com - Pembaruan versi aplikasi WhatsApp (update WhatsApp) rutin digelontorkan lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Update WhatsApp biasanya bakal membawa fitur baru dan perbaikan bug atau gangguan.

Untuk update WhatsApp, pengguna bisa dengan mudah melakukannya melalui dua toko aplikasi tersebut yang tersedia di masing-masing handphone (HP). Saat ada pembaruan Whatsapp, umumnya bakal terdapat opsi bertajuk “Update” di Play Store atau App Store.

Ketika pengguna klik opsi tersebut, toko aplikasi bakal otomatis mengunduh dan memperbarui aplikasi WhatsApp yang telah terinstal di HP. Proses update WhatsApp tersebut bisa dikatakan cukup mudah.

Kendati mudah, namun dalam kondisi tertentu, tak jarang pula dijumpai masalah seperti tidak bisa update WhatsApp. Lantas, kenapa WhatsApp tidak bisa update dapat terjadi? Masalah ini bisa timbul dari beberapa faktor.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan seputar kemungkinan penyebab tidak bisa update WhatsApp, baik di HP Android maupun iOS, sebagaimana dilansir laman resmi FAQ WhatsApp.

Penyebab tidak bisa update WhatsApp

1. Koneksi internet buruk

Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil bisa mengakibatkan masalah tidak bisa update WhatsApp. Proses pengunduhan file pembaruan WhatsApp di toko aplikasi dapat tersendat jika koneksi internet di HP dalam kondisi yang tidak memadai.

2. Update WhatsApp tidak kompatibel dengan sistem operasi HP

Penyebab berikutnya adalah update WhatsApp tidak kompatibel dengan sistem operasi yang sedang dijalankan HP. Semakin baru aplikasi WhatsApp, umumnya bakal membutuhkan syarat minimal sistem operasi yang terbaru juga.

3. Bug pada toko aplikasi

Penyebab tidak bisa update WhatsApp juga bisa timbul lantaran terdapat bug pada aplikasi Google Play Store atau App Store. Bug tersebut dapat berpotensi untuk menghambat proses pengunduhan dan instalasi file pembaruan aplikasi WhatsApp di HP.

4. Memori internal HP telah penuh

Saat memori internal HP telah penuh, toko aplikasi secara otomatis bakal tidak bisa melakukan pengunduhan. Alhasil, masalah tidak bisa update WhatsApp pun dapat terjadi. Update WhatsApp minimal membutuhkan ruang kosong memori internal sebesar 1 GB.

Dengan paparan penyebab di atas, lalu bagaimana cara mengatasi tidak bisa update WhatsApp? Bila hendak mengetahuinya, simak penjelasan cara mengatasi tidak bisa update WhatsApp di bawah ini.

Cara mengatasi tidak bisa update WhatsApp

1. Cek koneksi internet

Coba cek koneksi internet yang terhubung di HP melalui situs web seperti “speedtest.net”. Bila koneksinya buruk, coba buat sambungkan ulang koneksi internet di HP. Caranya, aktifkan mode pesawat sekitar 30 detik, lalu matikan.

2. Pastikan update WhatsApp kompatibel dengan sistem operasi HP

Cek kompatibilitas update WhatsApp dengan sistem operasi HP. Detail informasi kompatibilitas tersebut bisa dilihat pada aplikasi WhatsApp yang termuat di Google Play Store atau App Store.

3. Logout akun di toko aplikasi dan restart HP

  • Di HP Android, logout akun Google Play Store bisa dilakukan lewat menu pengaturan perangkat. Lalu, cari menu bertajuk “Akun” dan pilih akun Google yang dipakai untuk Play Store. Selanjutnya, tinggal klik opsi seperti “logout” atau “keluarkan akun”
  • Di HP iOS (iPhone), logout akun App Store bisa dilakukan lewat menu pengaturan perangkat. Kemudian, ketuk banner pengaturan Apple ID dan pilih opsi “keluarkan”.
  • Bila akun telah dikeluarkan, silakan restart HP. Setelah itu, nyalakan HP dan lakukan login akun ulang pada App Store atau Google Play Store. Ini berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem di toko aplikasi yang terkena bug.

4. Hapus file atau aplikasi yang sudah tak terpakai

Seandainya memori internal HP telah penuh, coba untuk menghapus beberapa file atau aplikasi yang sekiranya sudah tak terpakai lagi. Ini berfungsi agar terdapat ruang kosong di memori internal, sehingga WhatsApp bisa diperbarui.

Demikianlah penjelasan mengenai empat penyebab serta cara mengatasi tidak bisa update WhatsApp yang dapat terjadi di HP Android dan iOS, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/01/16150017/4-penyebab-serta-cara-mengatasi-tidak-bisa-update-whatsapp-di-android-dan-ios

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke