Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Link dan Cara Bikin Receiptify Spotify yang Tengah Ramai di Twitter

KOMPAS.com- Beberapa waktu belakangan ramai di Twitter unggahan bertajuk “Receiptify”. Salah satu contohnya bisa dilihat pada Tweet yang diunggah oleh akun base dengan handle @convomf, sebagaimana tertera di bawah ini.

Kendati mungkin telah sempat melihat, namun tahukah Anda sebenarnya apa itu Receiptify? Receiptify adalah layanan pembuat grafik peringkat lagu, musisi, atau genre yang sering didengarkan di akun Spotify.

Grafik peringkat lagu tersebut disajikan Receiptify dalam gambar seperti setruk belanja. Untuk membuat grafik peringkat, Receiptify memakai langsung data kategori Top Artist di akun Spotify dalam sebulan terakhir, enam bulan terakhir, dan sepanjang waktu.

Lantas, bagaimana cara membuat Receiptify? Membuat Receiptify supaya menampilkan gambar peringkat lagu yang sering diputar di Spotify, caranya bisa dengan mengakses situs web ini “receiptify.herokuapp.com”.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara membuat Receiptify seperti yang tengah ramai dibagikan di Twitter.

Cukup mudah bukan untuk membuat Receiptify? Sementara itu, perlu untuk diketahui, layanan Receiptify sendiri dikembangkan dengan memakai Web API dari Spotify atau biasa disebut juga dengan Spotify API.

Spotify API sendiri adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani permintaan atau perintah pengguna di layar aplikasi dengan server Spotify.

Lewat program perangkat lunak tersebut, pengembang pihak ketiga bisa membuat layanan eksternal (di luar Spotify) dengan mengambil data pengguna yang berasal dari server atau database Spotify, seperti yang dilakukan oleh Receiptify.

Supaya bisa mengambil data pengguna, layanan pengembang yang berbasis Spotify API perlu mendapat izin atau otorisasi dari pengguna. Oleh sebab itu, sebelum membuat Receiptify, Anda diminta memasukkan akun Spotify sebagai bentuk otorisasi layanan.

Adapun data pengguna yang bisa diakses dalam Receiptify antara lain adalah informasi jenis akun (Premium atau Free). username Spotify, data kategori Top Artist, konten yang sering diputar, dan sebagainya.

Sementara itu, seandainya ingin memutus akses atau otorisasi Receiptify, Anda bisa mengakses laman pengaturan akun Spotify di situs ini https://www.spotify.com/id/account/.
Bila telah login di situs itu, silakan pilih menu “Aplikasi”.

Terakhir, cari layanan “Receiptify” yang telah diotorisasi, lalu klik opsi “Hapus Akses”. Itulah penjelasan seputar cara membuat Receiptify yang tengah ramai di bagikan di Twitter, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/01/18300047/link-dan-cara-bikin-receiptify-spotify-yang-tengah-ramai-di-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke