Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dijual Terpisah, Ini Harga Stylus S Pen Samsung Galaxy Z Fold 4

Seperti pendahulunya, Galaxy Z Fold 4 ini juga sudah mendukung pena digital (stylus) S Pen khas Samsung Galaxy Note. 

Namun, S Pen pada Galaxy Z Fold 4 merupakan aksesori pelengkap. Bukan aksesori bawaan seperti pada ponsel seri Galaxy Note dan Galaxy S22 Ultra.

Alhasil, Samsung Galaxy Z Fold 4 tidak memiliki kompartemen (slot) terintegrasi untuk menyimpan S Pen. Pun, S Pen pada ponsel ini harus dibeli secara terpisah karena tidak masuk dalam paket penjualan.

Lantas, berapa harga S Pen untuk Galaxy Z Fold 4 di Indonesia?

"Dengan membeli paket tersebut, pengguna sudah mendapatkan satu S Pen, casing (standing cover) Galaxy Z Fold dengan kompartemen S Pen, serta Travel Adaptor 25W," kata Annisa saat ditemui KompasTekno, usai acara Local Launch Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, di Jakarta Selatan, Kamis (1/9/2022).

Pantauan KompasTekno di situs resmi Samsung, ada pula opsi membeli stylus S Pen dan casing dengan kompatermen S Pen saja (tanpa travel adaptor 25W) seharga Rp 999.000.

Untuk lebih jelasnya, berikut harga aksesori pelengkap Samsung Galaxy Z Fold 4 di Indonesia:

  • Galaxy Z Fold 4 Note Package (S Pen, standing cover, dan travel adaptor 25W) - Rp 1,2 juta
  • Galaxy Z Fold 4 Standing Cover with S Pen (tanpa travel adaptor 25W) - Rp 999.000

Berdasarkan informasi di situs Samsung, Standing Cover with S Pen tersedia dalam pilihan warna Black, Graygreen, Beige.

Perlu diketahui, case cover standing Galaxy Z Fold 4 bisa digunakan dalam dua mode. Mode pertama, cover standing hanya mendukung slot "penyangga" sehingga pengguna bisa menyandarkan ponsel ketika dalam mode terlipat.

Mode kedua, pengguna bisa melepas slot "penyangga" tadi, lalu menggantinya dengan slot S Pen. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan ponsel dengan S Pen, dan menyimpan S Pen secara langsung di bodi ponsel. Tujuannya agar S Pen tidak tercecer dan hilang.

Sebenarnya, Galaxy Z Fold 4 ini juga mendukung S Pen Pro yang memiliki form factor lebih panjang.

Untuk ukurannya, S Pen Pro memiliki panjang 173,64mm dan diameternya 9,5mm. Sementara S Pen Fold Edition memiliki panjang 132,1mm dengan diameter 7,7mm.

Berbeda dengan S Pen Fold Edition yang tidak harus diisi daya, S Pen Pro dijual dalam paket khusus yang menyertakan charging case (USB C) untuk mengisi baterai.

S Pen Pro juga terbilang lebih multifungsi dibanding S Pen Fold Edition. Sebab, S Pen Pro bisa digunakan untuk Galaxy Z Fold 3 serta Galaxy Z Fold 4, maupun ponsel Galaxy lain yang memang mendukung fitur S Pen, seperti Galaxy Note dan Galaxy S21 Ultra. S Pen ini juga bisa digunakan untu perangkat tablet Galaxy Tab.

Tak hanya itu, S Pen Pro juga terbilang lebih canggih. Misalnya, S Pen Pro dibekali koneksi Bluetooth sehingga bisa digunakan sebagai kontrol aplikasi secara nirkabel atau dari jarak jauh, seperti menggunakan fitur Air Actions.

Fitur itu memungkinkan pengguna mengendalikan beberapa fitur ponsel dari jarak jauh berkat teknologi Bluetooth Low Energy (BLE), seperti memotret foto.

Sayangnya, Annisa sendiri tidak merinci berapa harga S Pen Pro tersebut. Namun, sebagai gambar, ketika peluncuran Galaxy Z Fold 3 tahun lalu, S Pen Pro dijual terpisah dengan harga Rp 1,5 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/02/15300027/dijual-terpisah-ini-harga-stylus-s-pen-samsung-galaxy-z-fold-4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke