Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Standar USB4 2.0 Diumumkan, Kecepatan Transfer Naik 2 Kali Lipat

Kecepatan tersebut dua kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya, yaiitu USB 4 1.0 dengan kecepatan maksimum 40 Gbps secara dua arah.

Penetapan standar baru ini nantinya bakal terus menggunakan standar konektor USB tipe-C. Hal ini ditujukan agar para pengembang (developer) bisa mempersiapkan diri terkait perubahan arsitektur dari bakal dilakukan di masa mendatang.

Menurut Brand Saunders selaku Ketua Konsorsium USB Promoter Group, spesifikasi USB 4 yang telah diperbaruhi bakal terus mengandalkan ekosistem USB-C. Sebab, keputusan tersebut dinilai dapat meningkatkan kinerja dari proses transfer data.

“Solusi yang paling diuntungkan dari peningkatan kecepatan ini terdiri dari tampilan (USB) yang berkinerja lebih tinggi, penyimpanan, hub dan dok berbasis USB,” papar Brad, dihimpun KompasTekno dari Business Wire, Selasa (6/9/2022).

Oleh karena itu, sejumlah fitur yang dihadirkan di USB 4 2.0 kali ini adalah menggunakan arsitektur lapisan fisik yang baru sehingga memungkinkan adanya peningkatn kecepatan data standar, yang nantinya dapat bekerja melalui kabel pasif USB-C 40 Gbps dengan kabel aktif USB-C 80 Gbps.

Selain kabel pasif USB-C 40 Gbps, penggunaan USB-C 80 Gbps juga akan kompatibel dengan kabel pasif lainnya, seperti USB 3.2, USB 2.0 dan Thunderbolt 3.

Tidak hanya itu, penggunaan artistektur yang baru juga memungkinkan tunelling data dari USB 3.2 mampu melebihi 20 Gbps. Adapun adanya pembaruan ini selaras dengan versi terbaru dari spesifikasi DisplayPort 2.0 dan PCIe 6.0.

Bagi yang belum familier, PCIe merupakan salah satu bagian motherboard komputer yang berperan sebagai port atau solusi interkoneksi. Fungsinya adalah untuk menghubungkan antarkomponen tertentu di komputer.

Nah, karena kebaruan transfer data yang ditawarkan adalah 80 Mbps, nantinya hal tersebut sejalan dengan spesifikasi PCIe 6.0. DIkarenakan PCIe versi terbaru diklaim bisa memberikan kecepatan data hingga 64 GT/s (gigatransfer per detik) dan transfer rate 256 GB/s bandwith dua arah.

Berdasarkan laproran dari GSM Arena, hal ini dapat memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para penggemar game (gamer). Sebab, pengguna dapat menghubungkan GPU eksternal ke laptop dan dapat menikmati pengalaman bermain game seperti di komputer.

USB Promoter Group sendiri mengungkapkan bahwa rinician terkait spesifikasi USB 4 2.0 bakal diumumkan secara resmi di sebuah acara konferensi berjatuk “USB Developer Days 22”. Acara tersebut diselenggaranakn pada 1 November 2022 di Kota Seattle, Washington.

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/06/11020017/standar-usb4-2.0-diumumkan-kecepatan-transfer-naik-2-kali-lipat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke